Berita Universitas

Fakultas dan Program Studi se-Unmuha di Latih Kuri...
26 Apr 2017 07:38 - Humas UNMUHAFakultas dan Program Studi se-Unmuha di Latih Kurikulum Berbasis KKNI di Sabang

Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan pelatihan Pengembangan Mutu Kurikulum Berbasis Ker [ ... ]

Wisudawan Unmuha Diharapkan Menjadi Kader yang Ber...
21 Apr 2017 08:08 - Humas UNMUHAWisudawan Unmuha Diharapkan Menjadi Kader yang Berakhlak Mulia

Banda Aceh : Para wisudawan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) diharapkan agar dapat menjadi kad [ ... ]

Puluhan Mahasiswa Malaysia dan Unmuha Lakukan Goto...
21 Apr 2017 08:01 - Humas UNMUHAPuluhan Mahasiswa Malaysia dan Unmuha Lakukan Gotong Royong di Desa Lampageu

Aceh Besar – Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh dan Mahasiswa Universitas Kebangsaan  [ ... ]

Other Articles

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Muhadjir Effendy berharap Muhammadiyah terus konsisten menjadi bagian dari gerakan perubahan untuk Indonesia Berkemajuan. Terutama melalui peran pendidikan Muhammadiyah. Sehingga daya saing bangsa tidak tertinggal dibandingkan negara-negara lainnya.

Hal itu dikatakan Muhadjir saat menjadi pembicara dalam seminar dengan tema ‘Tantangan Pendidikan Aceh Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean’, yang dilaksanakan dalam rangka milad ke-104 Muhammadiyah dan sekaligus peresmian Gedung Unmuha Covention Center (UCC) Ahmad Dahlan.

Muhadjir memaparkan sejumlah program unggulan yang akan dijalankan pemerintah ke depan guna meningkatkan pendidikan dan daya saing bangsa. Di antaranya yaitu meningkatkan mutu pendididikan dan sumber daya manusia agar masyarakat Indonesia itu unggul, kompetitif, dan berkarakter.

“Saya berharap Muhammadiyah dapat menjadi bagian dari gerakan perubahan, yaitu reformasi untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lain, termasuk membangun mentalitas seperti sikap dan pengelolaan sekolah,” tutur Muhadjir.

Menurutnya, Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi social-keagamaan di Indonesia yang memiliki peranan besar dalam mengelola pendidikan. Sehingga keterlibatan Muhammadiyah dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.

Muhadjir yang juga ketua PP Muhammadiyah bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Litbang itu menyatakan bahwa Muhammadiyah saat ini sudah menyediakan pendidikan dalam semua jenjang, mulai PAUD hingga perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang dimiliki Muhammadiyah lebih banyak dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pemerintah. Bahkan, perguruan tinggi Muhammadiyah juga akan berdiri di Malaysia.

Dalam menjalankan pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan tuntutan kondisi saat ini, maka dibutuhkan empat kompetensi dasar yang harus diterapkan kepada peserta didik, yaitu kemampuan berpikir rasional-kritis, kemampuan berkolaborasi, keterampilan komunikasi, dan kecakapan membangun jaringan.

“Keempat itu yang sangat penting diterapkan kepada peserta didik, sehingga akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), anak Indonesia harus menjadi pemecah masalah bukan pembuat masalah,” tutur Muhadjir.

 Di bagian lain, Muhadjir menyatakan bahwa saat ini pemerintah terus mengupayakan berbagai program untuk memberikan pendidikan yang merata bagi semua anak Indonesia. “Pendidikan harus dirasakan oleh seluruh anak di Indonesia, kita akan berikan bantuan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Muhadjir berharap kepada masyarakat yang anaknya belum memperoleh akses pendidikan, bisa melaporkan kepada pemerintah setempat. “Sekarang anak-anak yatim yang masuk data, ada 800 ribu anak dan pendataan masih berjalan, maka kalau ada anak-anak yatim yang tinggal di panti asuhan kirimkan data segera,” ajak Muhadjir ().

Berita Fakultas

Mahasiswa FE Unmuha Jual Kreativitas
12 May 2017 14:39Mahasiswa FE Unmuha Jual Kreativitas

* Economic Fair di Kampus Itu 2-6 Mei BANDA ACEH - Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mu [ ... ]

Reza Fahlevi Buka Acara Economic Fair ke-VI Tahun ...
12 May 2017 14:35Reza Fahlevi Buka Acara Economic Fair ke-VI Tahun 2017 di Unmuha

BANDA ACEH-  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menuturkan bahwa Kota Band [ ... ]

Mapala Unmuha Gelar Expo
27 Apr 2017 06:35Mapala Unmuha Gelar Expo

* Meriahkan Peringatan Hari Bumi BANDA ACEH - Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) Uni [ ... ]

BAN-PT Visitasi Reakreditasi Teknik Sipil Unmuha
21 Apr 2017 02:59BAN-PT Visitasi Reakreditasi Teknik Sipil Unmuha

BANDA ACEH,– Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Fakultas  [ ... ]

Other Articles

e-Learning Center

Repository Institusi

e-Journal

Digital Library

Ristek DIKTI