Banda Aceh – Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes) melakukan asesmen lapangan untuk re-akreditasi Program Studi S2 Magister Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh, Senin (12/07/2021).

Tim asesor LAM PTKes terdiri dari Dr. drg. Setya Haksama, M. Kes dari Universitas Airlangga dan Dr. Mohammad Zen R, SKM, M. Kes.

Asesmen lapangan ini dilakukan secara daring, diawali dengan pembukaan di aula FKM UNMUHA yang dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Aslam Nur MA, membuka secara resmi visitasi LAM-PTKes. Hadir Wakil Rektor I Dr. H. Fadhlullah, S.H., M.S, Wakil Rektor II H. Almanar, S.H., M.H,  Meutia Zahara, P.hD Ketua LP4M UNMUHA, Dr. Sri Suyanta, MA ketua BPM Unmuha, Kepala Pusat Sistem Informasi, Kepala Perpustakaan dan Jajaran Pimpinan, Kepala unit bagian dan prodi, Dosen dan karyawan MKM UNMUHA, alumni Prodi Kesmas FKM, mahasiswa dan sejumlah stakeholder lainnya.

Dr. drg. Setya Haksama, M. Kes dalam sambutannya, mengatakan, visitasi oleh tim asesor LAM-PTKes bertujuan untuk menilai mutu Prodi S2 MKM UNMUHA yang saat ini terakreditasi B.

“Asesor akan melakukan verifikasi dan klarifikasi data laporan borang. Insya Allah dengan kehadiran tim asesor akan memberi rahmat Prodi S2 MKM UNMUHA ke depan dan terkhusus UNMUHA sebagai lembaga pendidikan dan dakwah,” insya Allah asesmen lapangan daring ini akan berjalan selama 3 hari yaitu 12-14 Juli 2021 jelasnya.

Lanjut dia, akreditasi merupakan jaminan pengakuan kualitas suatu institusi secara resmi. Karena itu, pihaknya berharap, usaha maksimal yang telah disiapkan oleh tim penyusun borang dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai harapan.

Sementara, Direktur Pascasarjana UNMUHA, Prof Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc. HPPF, DLSHTM, Ph.D mengatakan, Prodi S2 MKM UNMUHA telah melakukan berbagai persiapan sejak dua tahun yang lalu untuk menjalani proses akreditasi ini.

“Harapannya, Prodi S2 MKM UNMUHA mendapatkan status dan peringkat akreditasi yang sangat lebih baik lagi dari saat ini. Kami telah berupaya keras menunjukkan mutu melalui kelengkapan dokumen, peningkatan suasana akademik yang kondusif, serta dukungan pimpinan untuk perkembangan Prodi S2 MKM UNMUHA,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada kedua asesor LAM-PTKes ke Universitas Muhammadiyah Aceh, “semoga bapak asesor bisa melihat perkembangan signifikan di Program Studi S2 MKM Unmuha ini” rektor juga berharap Asesmen lapangan daring ini berjalan dengan baik dan lancar.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur dan semua tim akreditasi S2 MKM yang sudah bekerja keras mempersiapkan borang dan bukti fisik lainya selama 2 tahun lalu “mudah-mudahan kerja keras bapak ibu dibalas setimpah oleh Allah” ucap rektor.

Proses akreditasi turut dihadiri pimpinan MKM UNMUHA mulai dari Direktur, Sekretaris, kepala program studi, pusat penjaminan mutu fakultas. Selain itu, tim asesor juga melakukan wawancara kepada mahasiswa dan alumni Prodi S2 MKM UNMUHA. (Humas|Ags)