Dosen dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengikuti seleksi kampus mengajar angkatan III Tahun 2022, sebanyak 36 dosen lolos sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 31 Mahasiswa sebagai peserta Kampus Mengangajar Angkatan III Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dikti Kemdikbud Ristek dari berbagai Fakultas dan Progran studi (prodi) di Lingkungan Unmuha, Kamis (20/01).

Sebanyak 36 Dosen Unmuha lolos seleksi DPL Kampus Mengajar Angkatan III Tahun 2022, diantaranya 11 dosen Fakultas Ekonomi, 10 dosen Fakultas Teknik, 8 dosen Fakultas Agama Islam, 5 dosen Fakultas Psikologi dan 2 dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat. Adapun yang penempatannya beragam ada yang di SMP dan SD di seluruh kabupaten/kota di Aceh dengan tugas membimbing mahasiswa peserta kampus mengajar yang berasal dari perguruan tinggi lain.

Sementara 31 mahasiswa Unmuha lolos seleksi peserta Kampus Mengajar Angkatan III Tahun 2022 yaitu, 10 mahasiswa Prodi Manajemen, 8 mahasiswa Prodi Arsitektur, 7 mahasiswa Prodi Psikologi, 3 Mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, 2 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum dam 1 mahasiswa Prodi Akuntansi.

Rektor Unmuha Dr H Aslam Nur MA mengucapkan “Alhamdulillah, universitas bangga dengan lolosnya 36 Dosen dan 31 mahasiswa dari berbagai prodi untuk melaksanakan pengabdian melalui program kampus mengajar”

Kepada Bapak/Ibu Dosen dan mahasiswa agar dapat mengimplimentasikan ilmu dgn baik, beretika dan dengan ikhlas sehingga pengabdian ini bernilai ibadah, jaga nama baik unmuha.

Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 3 sebelumnya telah dibuka selama periode 25 November hingga tanggal 17 Desember 2021. Kemudian, peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi diminta menjalani tes secara online, pada 27-28 Desember 2021 lalu.

Materi tes untuk mahasiswa calon peserta Kampus Mengajar Angkatan 3 terdiri atas Survei Kebhinekaan, Tes VCAT, dan Tes Literasi-Numerasi. Adapun khusus untuk calon DPL di program ini, hanya mesti menjalani Tes Vcat pada 28 Desember 2021.

Dalam pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 3 tersedia kuota peserta sebanyak 30 ribu mahasiswa, baik dari jenjang S1, D4/Sarjana Terapan, maupun D3. Selain itu, ada kuota 6.600 dosen pembimbing lapangan (DPL).

Sebagai informasi dilansir di website kampus merdeka mahasiswa yang lolos akan memperoleh Konversi SKS, Sertifikat program Kampus Mengajar, Biaya hidup bulanan, Bantuan UKT, Dana transportasi dan Dana kedatangan ketika melaksanakan program Kampus Mengajar ini. (humas)