Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan kegiatan pembekalan materi (coaching) dalam rangka persiapan mahasiswa melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) Kesmas terintegrasi di Puskesmas dan Wilayah desa binaan.

Bapak Anwar Arbi, S.Si., M.Pd selaku Wakil Dekan III dalam sambutannya pada hari pertama kegiatan coaching menyampaikan bahwa kegiatan coaching ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada PBL I di Puskesmas (Senin, tanggal 24-29 Januari 2022) dan PBL II, III di wilayah desa binaan (31 Januari-12 Februari 2022).

Inovasi pada kegiatan PBL Kemas TA 2021/2022 diantaranya penggunaan aplikasi KoboToolBox dalam kegiatan pengumpulan data. Dengan penggunaan aplikasi ini, FKM mendukung pengurangan penggunaan kertas (paperless). Selain itu pada PBL di Puskesmas juga diarahkan untuk melihat gambaran tatakelola, kepemimpinan dan budaya organisasi.

Di hari kedua kegiatan coaching, Ibu Farrah Fahdhinie, SKM. MPH (wakil dekan I) menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tidak segan untuk bertanya kepada para pemateri agar mendapatkan bekal dalam melaksanakan kegiatan PBL Kesmas terintegrasi.

Dalam laporan Ketua pelaksana PBL, ibu Tahara Dilla Santi, M. Biomed menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung 2 hari yaitu pada  hari jumat dan sabtu, tanggal 21, 22 Januari 2022 yang dilaksanakan dari pukul 08.30 sampai 18.00 WIB dan diikuti oleh 130 mahasiswa.

Pada kesempatan ini pula beliau memberikan penjelasan bahwa pelaksanaan kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) harus didukung oleh adanya persiapan yang baik bagi mahasiswa mengenai pemahaman tentang komunitas dan program kesehatan yang telah dijalankan.

Salah satu persiapan yaitu dengan memberikan pembekalan materi (coaching) kepada mahasiswa yang meliputi tujuan pelaksaan PBL, waktu pelaksanaan, metode mengumpulkan data, pemahaman kuesioner, gambaran umum wilayah binaan serta bentuk kegiatan intervensi yang dilakukan sesuai dengan analisis dan perioritas masalah yang ditemukan dilapangan. Sehingga mahasiswa nantinya sudah mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan PBL secara menyeluruh dan terarah serta dapat memberikan konstribusi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya di wilayah binaan.

Pemateri kegiatan ini antara lain Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda aceh, Bapak Lukman, SKM., M.Kes yang memberikan materi Germas dan Covid-19 Kepala Puskesmas Meuraxa. Ibu Zairina, SKM., M.Kes memaparkan materi Manajemen pelayanan Puskesmas & Gambaran Program PIS-PK di Puskesmas.

Bapak Basri Aramiko, SKM., MPH. Menyampaikan materi dan pemateri lainnya terkait materi pelaksanaan PBL dan metode wawancara. Materi kuesioner disampaikan oleh ibu Tiara Mairani, SKM., MKM dan materi Entry data dan analisis data dipaparkan oleh Bapak Fahrisal Akbar, SKM., MPH. (humas)