Kerjasama antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA) harus terus diperkuat. Kolaborasi antara Universitas atau antara Fakultas dengan Fakultas dilingkungan PTMA dapat menjadi kekuatan yang dalam membangun kualitas peguruan tinggi dilingkungan Muhammadiyah itu.

Kerjasama antara dua Fakultas dilingkungan PTMA di Sumatera berlangsung antara Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan Fakuktas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) berlangsung di aula FIKTI UMSU, Rabu (9/2) kemarin. Penandatangan MoA antara dua Fakultas Teknik itu dihadiri Wakil Rektor UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin, Dekan Fakultas Teknik UMSU Ir. Munawar Alfansyuri Siregar dan Dekan Fakultas Teknik UNMUHA Dr. Ir. Hafnidar A. Rani dan pimpinan dari masing-masing dua Fakultas.

Wakil Rektor UMSU Prof. Dr. Muhammadf Arifin dalam pesannya mengatakan, kerjasama adalah sebuah keniscayaan, kerjasama antara PTMA menjadi sangat penting guna mendorong visi ” PTMA maju bersama Persyarikatan,”. Banyak hal yang bisa dilakukan guna mengantisipasi cepatnya perubahan yang terjadi dilingkungan perguruan tinggi..

Terkait dengan program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Muhammad Arifin menyebut adalah bagian yang bisa disinergikan. Saat ini ada 2000 mahasiswa UMSU yang sedang melakukan program belajar diluar kampus.

Kerjasama lain yang bisa segera dilakukan adalah riset bersama antar dosen, pengabdian dan MBKM. Muhammad Arifin berharap MoA antara dua Fakulktas Teknik itu dapat  segera direalisasikan.

Kerjasama yang Konkrit

Dekan Fakultas Teknik UMSU Ir. Munawar Al-fansuri Siregar menyambut baik kunjungan tim Fakultas Teknik UNMUHA  untuk merealisasikan kerjasama yang lebih konkrit untuk program studi Teknik Sipil. Kerjasama yang dibangun di ketua PTMA itu dapat meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa.

Munawar menjelaskan perkembangan Fakultas Teknik UMSU dan beberapa potensi yang dimiliki dan dapat dikerjasamakan.

Fakultas Teknik UMSU saat ini memiliki tiga program studi yakni Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin.

Sementara itu, Dekan Fakulktas Teknik UNMUHA Dr. Ir. Hafnidar A. Rani menjelaskan Fakultas Teknik UNMUHA memiliki dua program studi, yanik Teknik Sipil dan Arsitektur. Kerjasama antara UNMUHA  dan UMSU tentu saja menjadi peluang untuk mendorong keduanya bisa lebih berkembangan dalam menjawaban kebutuhan mahasiswa.

Usai proses penandatanganan kedua Fakultas kemudian ditindaklanjuti dengan diskusi antar kedua tim guna mengkonkritkan kerjasama yang dapat segera dilakukan (sumber: infomu.co)