Banda Aceh, – Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) mengadakan Webinar Nasional tentang Curent Isue and Global Heath, serta “Systematic Review Of Covid-19 What We Know So far.” Tinjauan Sistimatis Covid-19 yang kita Ketahui Sejauh Ini.

Kegiatan rutin Seminar Current Isue Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Unmuha Angkatan 2020 yang merupakan ruang diskusi interaktif, menghadirkan dua Panelis – narasumber satu Panelis yaitu, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia pada Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UI, Ketua IAKMI PUSAT Dr. Ede Suryadarmawan, ESD, SKM, MDM.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr. Masdalina Pane, SKM, M. Kes, M. Si (Han) serta Panelis Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc. HPPF, DLSHTM, PhD.

Dalama kegiatan ini setiap mahasiswa akan mempresentasikan makalah, makalah tersebut tanggapi langsung oleh Panelis, setiap makalah terbaik akan di berikan Apresiasi oleh Panitia pelaksana Webinar Nasional.

Presentasi makalah pertama melihat Covid-19 Impact On The Future Indonesia Healt System, Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Kesehatan Indonesia Masa Depan oleh Teuku Revandi Johan, S. Tr Kep. Makalah kedua melihat Dampak psikologis Pandemi Covid-19 Terhadap kekuatan kesehatan ,” Psychological Impact Of Covid-19 Pandemic In Health Power”, Oleh Lisa Agustina, S. Ftr

Sedangkan Implikasinya terhadapa kesehatan mental antara negara berpendapatan tinggi dan negara berpenghasilan menengah ke bawah “The Implication Of Covid-19 Pandemic On Mental Health Between High Income and Lower Middle Income Countries (LMIC’s) oleh Hidayati Savitri, SKM. Serta “Quality Of Life Of Covid-19 Survivors,” Kualitas hidup korban Covid-19 oleh Dewi Farida, S. ST.

Panelis Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Aceh Prof. Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc. HPPF, DLSHTM, PhD. Menaggapi makalah yang telah disajikan dengan berbagai catatan untuk semunya secara strategi sudah dilakukan dengan hasil lumayan baik sudah terarah, matakuliah dipasca sudah dapat di aplikasikan, dan kemampuan ini tentu sangat perlu jika di hadapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu cepat.

“Ilmu begitu berkembang, publikasi begitu banyak, dengan pariasi kualitas publikasi cukup beragam dan kadangkala cukup membingungkan bagi kita membuat suatu kebijakan, saya melihat rekan rekan mahasiswa mulai mampu menggunakan stategi masuk kepada bagai mana melakukan kualitas studi yang di masukkan kedalam makalah.
Sekilas, ini masih perlu penguatan dari sekian banyak studi yang di masukkan didalam makalah, coba di lakukan telaah kualitas studi menjadi sangat penting. Agar kesimpulan yang kita ambil lebih meyakinkan kita.

Makalah selanjutnya “The impact Of The Covid-19 Pandemic Situation On Children’s Growth and Development,” Dampak situasi pandemic covid-19 terhadap tumbuh kembang anak oleh Shinta Maya Sari, S. ST, SKM. “Efficacy and Side Effects Of Covid-19 Vaccines,” Khasita dan efek samping vaksin covid-19 oleh Dr. Siti Rivana Ameliya.
Berapa lama untuk memulihkan Sindrom Covid “ How Long To Recovery The Long Covid Syndrome oleh Dr. Dewi Fitriani dan makalah terahir mengangkat “Covid-19 New Variants and The Irchallenges,” Covid-19 varian baru dan tantangannya.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia pada Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM UI, Ketua IAKMI PUSAT Dr. Ede Suryadarmawan, ESD, SKM, MDM. Melihat “ The Role Of Public Health In Pandemic and Post Pandemic Management”, Peran Kesehatan Masyarakat Dalam Penanganan Pandemi dan Pasca Pandemi. (Humas)