Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H Aslam Nur MA, menyambut kedatangan Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Jaminuddin B, di kampus UNMUHA , Lantai I. Jalan Muhammadiyah, Batoh, Banda Aceh.

Kedatangan Ketua MPD Kota Subulussalam didampingi oleh Zaki Zulkarnain, M. Pd Pengurus dan juga sebagai kepala SMK Darrussalam dan pengurus lainnya bertujuan untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan lanjutan bagi anak anak didik di kota tersebut.

Rombongan di terima oleh Wakil Rektor I Dr.H. Fadhlullah, SH., M.S. Wakil Rektor II H. Almanar S.H., M.H, Wakil Rektor III Ir. H. M. Zardan Araby, M.T dan Pejabat Penjamin Mutu Muhammad Kamal, ST.

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Aslam Nur MA menyampaikan kami ucapkan selamat datang kepada Ketua MPD dan rombongan, insya Allah kerjasama ini akan berjalan dan terimplementasi dengan baik kedepan.

Jelas Rektir UNMUHA itu, UNMUHA memiliki luas lahan sekitar lima hektar, tujuh Fakultas, delapan belas prodi, satu S2 Fakultas Kesehatan Masyarakat terakreditasi unggul.

Unviversitas Muhammadiyah Aceh insya Allah sedang mengusulkan tiga Prodi baru S2 yaitu, Prodi Ilmu Hukum , prodi Teknik Sipil dan prodi Managemen. Saat ini tinggal menunggu keputusan dari Jakarta.

Alhamdulillah kami menyambut baik kerjasama yang di gagas oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam, kota Subulussalam tidak asing . hampir setiap tahunnya kami berkunjung kesana, banyak mahasiswa berasal dari Subulussalam.
Harapan kami dengan kerjasama akan memberikan dampak positif pada kedua belah pihak. Insya Allah dalam beberapa hal kami akan mendukung program yang di canangkan oleh MPD Kota Subulussalam secara akademis.

Rektor UNMUHA juga memberikan penjelasan tentang beasiswa Aceh Carong yang saat ini melalui bidang BPESDM Provinsi Aceh yang langsung bekerja sama dengan universitas serta beasiswa lainnya.

Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Jaminuddin B, M. Si menyampaikan “ ada beberapa poin yang ingin kamis sampaikan bahwa orientasi kita di MPD Kota Subulussalam empat tahun belakangan ini mengalihkan perhatian mahasiswa mengarah ke Aceh. kenapa demikian, karena kultur kita yang jauh berbeda contohnya sopan santun sangat jauh berbeda antara kita di Aceh dengan Sumatera Utara.

Yang kedua, Bahwa isi MoU kita ini adalah pengabdian, penelitian dan pendidika, kami berharap melalui forum ini jika nanti di perkenan kan kota Subulussalam di jadikan tempat KKN bagi Mahasiswa UNMUHA.

Sebagai informasi, Walikota Subulussalam tahun lalu telah melaunching program 1R1S (Satu Rumah Satu Sarjana), tahun lalu sekitar 800 orang, jadi kami menargetkan tidak ada lagi alasan masyarakat tidak mengkuliahkan anak. Jika tidak mampu kita bantu melalui beasiswa.

Sementara itu Kepala KUI dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Febyolla Presilawati SE. MM mengatakan “ Tujuan dari MoU ini adalah untuk meningkatkan dan memupuk hubungan silaturahmi kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Aceh dan Majelis Pendidikan Daerah Kota Subussallam.
dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan adanya kesepakatan antara UNMUHA dan MPD Kota Subussallam, diharapkan akan makin banyak siswa Subulussalam yang akan melanjutkan pendidikan dari sekolah menengah atas ke universitas khususnya UNMUHA yg berlokasi di Banda Aceh.

UNMUHA juga ingin berperan serta dalam menyukseskan Program Pemerintah Kota Subulussalam. Tutup Febyolla (Humas)