Banda Aceh, – Pendaftaran Beasiswa IISMA 2022 (Indonesian International Student Mobility Awards) sudah mulai dibuka sejak Sabtu (12/3/2022) kemarin. Program ini merupakan bentuk pendanaan pemerintah kepada mahasiswa sarjana (S1) Indonesia yang berada dibawah naungan Kemendikti untuk belajar hingga satu semester di kampus luar negeri.

Program IISMA atau Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia sendiri termasuk dalam bagian Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Para peserta nantinya akan mendapat bantuan dana maupun fasilitas berupa dana tunjangan hidup di negara tujuan, visa, pendaftaran dan biaya kuliah, biaya tiket pesawat, biaya tes PCR dan fasilitas karantina, hingga asuransi kesehatan.

Sesuai arahan Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr.Aslam Nur,MA, Unmuha melalui Kantor Urusan International dan Kerjasama (KUI.Kerjasama ) dan Lembaga Pusat Bahasa Unmuha , pada hari Rabu 26/3/2022 telah melakukan test toefl kepada 65 orang mahasiswa yang berasal dari 6 Fakultas di Unmuha , Fakultas Teknik ( FT ), Fakultas Kesehatan Masyarakat ( FKM ), Fakultas EkonomiB( FE )Fakultas Psikologi ( F.Psi ) ,Fakultas Agama Islam ( FAI ) dan Fakultas Hukum (FH )

Kepala KUI dan Kerjasama Dr. Febyolla Presilawati S.E., M.M, Alhamdulillah Universitas Muhammadiyah Aceh sedang menyeleksi mahasiswa untuk semester IV dan VI didalam mengikuti program IISMA 2022, dimana program ini adalah program Kemendikbudristek yang berkaitan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) .
IISMA merupakan skema beasiswa pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia untuk program mobilitas di Univeritas Terkemuka di luar negeri.
Mahasiswa menghabiskan 1 semester di Universitas Mitra Luar Negri untuk belajar setara dengan 20 SKS yang yang akan di transfer ke Univeritas di Indonesia , sehingga mhsw yang ikut IISMA tidak tertinggal dalam kuliah.

Merangkum halaman IISMA.id setidaknya ada 65 Univeritas Top dunia yang bisa dipilih oleh mahasiswa yg mendaftar IISMA 2022 Sejumlah universitas tujuan yang di luar negeri yang membuka peluang dalam program IISMA 2022 tersebar di Asia, Amerika Serikat, Kanada ,Australia, New Zealand, Inggris ,Irlandia,Eropa menjadi mitra IISMA 2022 .
Diantaranya ada University of Birmingham, The University of Edinburgh, University College London (UCL), Monash University, Hanyang University, hingga Nanyang Technological University (NTU). Untuk daftar kampus selengkapnya dapat diakses melalui laman https://site.iisma.id/

Kepala Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Aceh Samsul Bahri, S. Pd., Med menyampaikan dalam rangka menyukseskan program beasiswa IISMA dari kementrian, kita telah melaksanakan seleksi Bahasa untuk di seluruh fakultas yang ada untuk memenuhi kuota yang di minta untuk mengikuti program beasiswa IISMA 2022 ini.
Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dengan memberikan ujian tulis kepada mahasiswa dan ujian tofle pridiksi, untuk melihat kemampuan mereka di dalam berbahasa. Setelah itu akan kita kerucutkan mereka untuk memenuhi dalam program program singkat. Yaitu pembinaan bahas inggris dan pembinaan mengisi aplikasi dari program IISMA 2022 ini. (Humas)