Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Rabu (1/6).

kegiatan tersebut mengangkat tema “Edukasi rumah sehat tanpa asap rokok” dengan menghadirkan narasumber diantaranya Tahara Dila Santi, M. Biomed dan Vera Nazhira, MPH, dan dibantu oleh empat mahasiswa FKM. Para narasumber memaparkan tentang bahayanya merokok didalam rumah.

Tahara Dila Santi, M. mengatakan. Merokok di dalam rumah bisa mempengaruhi kesehatan. itu karena rokok terkandung macam-macam zat beracun dan bersifat karsinogenik yang bisa tinggal di suatu permukaan.

“Seperti asap rokok mengandung ribuan bahan kimia, yang
bisa meninggalkan zat-zat beracun di perabot, rumah, karpet dan di dinding rumah,” kata Dosen FKM Unmuha itu.

Sementara itu, Vera Nazhira, MPH menjelaskan, kebiasan merokok didalam rumah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sebabnya asap rokok dalam rumah bisa menempel diruangan 4 sampai 6 jam.

“Jadi walaupun mereka berhenti merokok, maka kemungkinan besar ada anak bayi, balita, ibu yang ikut terpapar, maka dari itu kita disini menekankan betapa pentingnya imbauan kepada bapak-bapak untuk tidak merokok didalam lingkungan rumah,” jelasnya

Adapun dampak merokok salah satunya dapat menyebabkan penyakit bronchopneumonia pada balita.

Selain membahayakan, kata Vera, merokok didalam rumah juga dapat menjadi contoh yang tidak baik bagi anak-anak, terutama para remaja, yang mulai rasa ingin tahunya terhadap sesuatu sangat tinggi.

Diakhir kegiatan tersebut diadakan pembagian hadiah berupa door prize kepada masyarakat yang aktif mengikuti mkegitan tersebut. (Rakyat Aceh)