Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Dr Febyolla Presilawati SE MM mengikuti webinar “International Program And Scholarship In National Kaohsiung University Of Science and Technology (NKUST) Taiwan”.

Kegiatan ini bekerja sama antara UNMUHA dan Taiwan Education Center (TEC) Indonesia, TEC UMY – Yogyakarta dan NKUST Taiwan yang diadakan secara virtual melalui platform Google Meet.

Dinda Andriandita moderator dari TEC Indonesia menyampaikan sebagai sebuah lembaga yang didirikan, memiliki visi untuk memperkuat kerjasama akademik antara Taiwan dan Indonesia.

Opening Speach oleh manager TEC Yogyakarta, Bapak M. Bima Aoron Hafiz dalam sambutan memperkenalkan kegiatan yang telah diadakan oleh TEC Taiwan UMY Indonesia seperti Menyelenggarakan Taiwan Higher Education Fair secara rutin tiap tahun dengan mengundang perwakilan langsung dari Universitas di Taiwan untuk datang ke Indonesia dan memberikan konsultasi kepada pengunjung yang datang.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNMUHA yang di wakilkan oleh Dr Febyolla Presilawati SE MM selaku Kepala KUI dan Kerjasama UNMUHA.

Dalam sambutannya Febyolla mengatakan tujuan dari Webinar itu sendiri adalah untuk memperkenalkan beragam program Internasional, informasi beasiswa S1, S2, dan S3 dari Universitas di Taiwan serta Taiwan Experience Education Program (TEEP) di National Kaohsiung University of Science and Technology Taiwan (NKUST) kepada seluruh Mahasiswa/i serta Bapak/Ibu Dosen dan Tenaga kependidikan UNMUHA.

Harapannya setelah kegiatan ini akan ada tindak lanjut kerjasama antara UNMUHA dan NKUST dalam bentuk MOU, MOA dan IA antara kedua universitas yang akan di fasilitasi oleh TEC UMY Yogyakarta. Selanjutnya , Jika ada mahasiswa , dosen dan staff pendidikan dari UNMUHA yang ingin melanjutkan studi di Taiwan KUI dan Kerjasama UNMUHA siap memfasilitasi informasinya.

Informasi tentang NKUST di paparkan oleh dua orang perwakilan Taiwan yaitu Ms. Susan Wu (Representative NKUST Taiwan University). Ms Wu memberikan paparan program studi, informasi beasiswa dan program-program international yang ada di NKUST Taiwan. Sementara Ms. Penny Tien memberikan paparan tentang TEEP.

“Kehidupan pelajar di Taiwan sangat menarik, kalau kita lihat dari segi kulinernya banyak makanan yang halal juga, dan harga harga relatif murah jika di bandingkan dengan negara di luar Taiwan, sebab banyak kawan-kawan dari negara luar datang berlibur kemari kata Kevin Adrian dari Malang yang sedang menempuh kuliah di negara Taiwan.

Mahasiswa semester empat ini juga menuturkan negara Taiwan sangat terbuka bagi orang-orang Indonesia dan tidak memandang apakah dia muslim atu tidak, ramah, sehingga banyak juga wisatawan lain mengunjungi wilayah ini.

Setiap universitas yang ada di Taiwan memiliki persyaratan yang berbeda dan kita mendapat fasilitas bahasa Taiwan disana, kita juga di bantu dan di bimbing oleh kakak kelas yang dari Indonesia. Tidak perlu takut ke datang ke Taiwan, Taiwan adalah negara yang terbuka bagi pelajar dan tidak ada batasan umur untuk kuliah di universities tersebut. Tutup Kevin Adrian.