Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 UNMUHA melepas 15 mahasiswa dan 4 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kampus Mengajar Angkatan 4 (KM 4) tahun 2022, di ruang rapat gedung rektorat UNMUHA lantai 2. Batoh Jum’at (29/07).

Adapun DPL yang dilepas program KM 4 yaitu Nuzulman Prodi Manajemen yang bertugas di SMPN 1 Leupung Aceh Besar, Mimiasri Prodi Kewirausahaan di SDN Meureu, Aceh Besar, Ira Dama Yanti Prodi Teknik Sipil di SMPN 2 Blang Pidie, Aceh Barat Daya dan Sri Nurhayati Selian Prodi Psikologi di SDN 57 Banda Aceh.

Sementara mahasiswa yang akan mengikuti KM 4 ini sebanyak 15 mahasiswa yang terdiri dari 7 orang dari Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris, 4 orang Prodi Psikologi, 2 orang prodi Manajemen, masing-masing 1 orang dari Prodi Pendidikan Agama Islam dan Hukum. Tempat bertugaspun beragam mulai dari SD dan SMP di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Simeulue.

Hadir dalam pelepasan tersebut Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kepala Biro Administrasi Umum, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kepala LP3 dan Koordinator KM 4 Unmuha.

Koordinator pelaksana Kampus Mengajar Angkatan 4 UNMUHA Sulfitra, S. Si, M.Si melaporkan “peserta DPL akan bertugas mulai tanggal 1 Agustus 2022, hingga 4 bulan kedepan, akhir laporan di bulan Desember.”

Sementara itu mahasiswa UNMUHA yang mengikuti seleksi peserta KM 4 sebanyak 52 mahasiswa, yang lulus 15 orang mahasiswa, mahasiswa tersebut di tempatkan di wilayah dekat dengan tempat tinggal mahasiswa masing-masing.

Selain KM 4 pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang di tawarkan oleh Kemdikbud Ristek ada 8 program lainnya diantaranya seperti Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikat, Kegiatan Wirausaha dan lain sebagainya. Sebahagian mahaiswa UNMUHA yang mengikuti seleksi KM 4 mengundurkan diri dan mengikuti program lainnya.

“Adapun tujuan dari KM 4 ini di fokuskan pada tingkat SD dan SMP untuk penigkatan literasi numerasi dari siswa tersebut”. Tutup Sulfitra.

Wakil Rektor I Dr. Fadhlullah, SH, MS mengatakan kegiatan ini bukan kegiatan baru, ini sudah berlangsung selama 3 angkatan, Yang perlu di ketahui adalah dalam kegiatan ini bukanlah sembarangan orang yang bisa mengikuti ini harus melaui proses seleksi yang dilaksanakan oleh panitia KM 4, kalian mahasiswa ini adalah orang orang terpilih jadi kita harus syukuri itu.

Tugas saudara adalah salah satunya memberikan citra yang baik dan lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya.

Selama empat bulan bila dilaksanakan dengan baik akan terasa cepat sekali waktunya, kerjalah baik-baik disamping melaksanakan tugas pemerintah kita juga membawa nama baik kampus dan ini juga salah satu sarana promosi bagi kita.

Bawalah nama baik UNMUHA, jaga sikap kita, disiplin waktu, etika dalam bergaul dan berkomunikasi di tengah kegiatan itu nantinya. Harapan akhir kami adalah disaat pulang dari kegiatan ini nanti harus menjadi mahasiswa teladan. “tutup Fadhullah” (Humas)