Tim Program Kampus Mengajar Angkatan 5 (KM 5) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melakukan sosialisasi KM 5 kepada dosen dan mahasiswa se Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Rabu, 2 November 2022 di Aula Fakultas Ekonomi Unmuha.

Kegiatan sosialisai ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Unmuha Dr. Fadhlullah, SH, MS, Ketua LP3 Unmuha Dr. Saiful, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi Drs, Tarmizi Gadeng, SE, M. Si, MM, Kepala Biro Administrasi Akademik Maidar, SE, M. Si, Koordinator Perguruan Tinggi KM 4 Sulfitra, S.Si, M.Si, Duta Kampus Merdeka Unmuha, Wakil-wakil dekan, ketua program studi, mahasiwa alumni KM 3 dan 4 serta mahasiwa

Sosialisasi KM 5 dibuka oleh Wakil Rektor I Unmuha Dr. Fadhlullah, SH, MS dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemdikbudrister yang telah memilih Unmuha untuk melaksanakan sosialisasi KM 5 pada tahun ini, Fadhlullah juga berharap kepada mahasiswa dan dosen Unmuha agar memanfaatkan kesempatan untuk bergabung pada program KM 5 ini.

“Saya berharap kepada mahasiswa dan dosen untuk mendaftarkan diri pada KM 5 yang mana Unmuha baik dosen maupun mahasiswa sudah mengikuti pada KM 3 dan KM 4 tahun-tahun sebelumnya, semoga tahun ini lebih banyak lagi yang dari Unmuha” tutup Fadhullah.

Selain mengikuti Kampus Mengajar, Unmuha juga sudah mengikuti beberapa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti Pertukaran Mahasiwa Merdeka yang sedang berlangsung, Magang Studi Independet Bersertifikat, Wirausaha Merdeka dan lain sebagainya.

Fakhrina Fadhli, S.Si dari tim KM 5 Kemdikbudrister memaparkan kebjiakan dan syarat-syarat untuk mendaftar sebagai baik Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mahasiswa dan Koordinator Perguruan Tinggi Kampus Mengajar Angkatan 5 tahun 2023.  Fakhrina juga menyampaikan pada KM 5 ini akan diterima sebanyak 1.800 DPL dan 18.000 mahasiswa dan ada keunikan dari KM sebelumnya dimana DPL akan mengkoordinir 2 sekolah sekaligus dan mahasiswa dapat memilih 5 sekolah pilihan berdasarkan tempat tinggal atau seputaran Perguruan Tinggi artinya mahasiswa merdeka dalam memilih sekolah sasaran.

Selanjutnya kegiatan ini juga menghadirkan Duta Kampus Merdeka (DKM) Unmuha Ramadhaniah, S.Gz., M.P.H, Muhammad Yani, S.Pd, M.Pd dan Mimiasri, SE, MM serta mahasiswa alumni KM 3 dan KM 4 Miftahul Jannah, Ibrar dan Kukuh untuk sesi sharing tentang pengalaman yang menarik pada saat menjadi bagian dari program KM ini.