Banda Aceh, – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) yang di wakili oleh Wakil Rektor I. Dr. H. Fadhlullah, S.H., M.S menghadiri asesmen lapangan reakreditasi Program Studi D3 Fisioterapi, Fakultas Vokasi, UNMUHA, yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) diruangan rapat gedung rektorat lantai 2 jalan Muhammadiyah, Batoh, Kota Banda Aceh

Hadir Tim Asesor  LAM-PTKes Dr. Umi Budi Rahayu , SST. FT., Ftr., M.Kes dan Wahyuddin, Ftr, M.Sc, Ph.D sedangkan dari UNMUHA hadir ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Drs. H. Nasrullah Jakfar,MA, Dekan Fakultas Vokasi Dr. H. Aliamin, SE, M. Si, Ak, CA, Ketua Program Studi (Prodi) Fisioterapi, dosen, mahasiswa, stakeholder dan panitia.

Wakil Rektor I, UNMUHA Dr. H. Fadhlullah, S.H., M.S, menyampaikan “puji syukur kepada Allah SWT dengan rahmatNya hari yang kita tunggu sudah tiba, mudah mudahan dengan rahmat Allah SWT akreditasi ini nantinya mendapat hasil yang terbaik.”

“UU no 12 tahun 2012 mengamanahkan kepada Perguruan Tinggi (PT), bagai mana caranya program studi itu harus bernilai, di UNMUHA ada 18 Prodi  yaitu S1 FKM akreditasi Unggul, S2 Unggul, 16 prodi lainnya sebagian besar Baik Sekali dan B.”

Saat ini Fisioterapi telah memiliki 5 orang dosen yang sudah memenuhi persyaratan, dulunya Fisioterapi ini di bawah naungan Akademik Fisioterapi, lagi lagi UU mengingatkan tentang penggabungan, dua tahun yang lalu hasil kesepakatan BPH dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh kedua akademi ini digabungkan menjadi sebuah fakultas yaitu Fakultas Vokasi, ujar H. Fadhlullah.

Asesor  LAM-PTKes Wahyuddin, Ftr, M.Sc, Ph.D menyampaikan dalam kata sambutannya “pagi ini kita akan melaksanakan proses  reakreditasi, tujuannya untuk meneropong lebih detail dan mengkonfirmasi dokumen yang telah telah ditulis oleh tim dan dikirimkan ke LAM-PTKes.

Kita akan fokus pada pendalaman dan pembuktian sehingga apa yang telah disampaikan akan kita lihat pada hari ini, tentu saja dalam prosesnya memakan waktu, keesokan harinya akan ada proses klarifikasi, ujar Wahyuddin.

Kami mohon maaf jika nanti dalam pelaksanaannya ada hal yang tidak berkenan, sekali lagi supaya target kami malam ini klarifikasi sudah selesai, sehingga besok tinggal mendiskusikan dan kemudian kalau sudah di setujui bersama maka akan di tanda tangani.

Wahyuddin menjelaskan lagi, Tentu saja ini bukan ahir karena tahap berikutnya akan kita serahkan kepada validator dan majelis LAM-PTKes, sebab kami tidak berwenang untuk mengeluarkan nilai semua keputusan ahir ada di majelis LAM-PTKes.

Sebagai tambahan secara teknis disampaikan oleh Dr. Umi Budi Rahayu , SST. FT., Ftr., M.Kes mengingatkan kepada tim Prodi Fisioterapi, Fakultas Vokasi, UNMUHA “seperti rundown  yang telah di sampaikan semuanya akan selesai sampai malam ini, semoga bisa mencermati rekomendasi kita. Untuk kelancaran acara kita akan mengulang presentasi kita Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Program Studi (PS), Penjaminan mutu setelah itu kita akan bekerja secara pararel, kriteria akan kita bagi sama.

Saat ini kita membutuhkan wawancara alumni , mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan semoga sesuai dengan harapan, setelah itu kita mengadakan tanya jawab serta diskusi untuk menyusun rekomendasi, kita juga bisa berdiskusi nantinya melalui zoom untuk mencermati hasil

Sekali lagi kami sampaikan bahwasanya kita hanya dapat memotret dan meneropong saja gambaran utuh dari program studi fisioterapi ini seterusnya,  akan disampaiakan ke majelis. Tutup Dr. Umi Budi Rahayu , SST. FT., Ftr., M.Kes.

Sementara itu Dekan Fakultas Vokasi UNMUHA Dr. H. Aliamin, SE, M.Si, Ak, CA berharap semua proses asesmen lapangan ini berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti yang nantinya harapan akan memperoleh nilai yang memuaskan untuk akreditasi Prodi Fisioterapi ini. “terima kasih semua pihak yang sudah membantu proses ini sehingga sampai pada saat asesmen lapangan ini” tutup Aliamin.