Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) internasional dengan melibatkan 7 orang mahasiswa dari Inland Norway University of Applied Sciences, Innlandet, Norwegia.

Kegiatan yang terlaksana mulai dari tanggal 07-08 Maret 2023 ini merupakan wujud kerjasama antara UNMUHA dan Inland Norway University of Applied Sciences, yang dilaksanakan di 2 SMP yang berbeda di kota Banda Aceh yaitu di SMP N 1 Kota Banda Aceh dan SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh dan terdapat 2 tim yang berbeda yang ditunjuk untuk pelaksanaan kegiatan ini.

Kegiatan dikoordinir oleh Dharina Baharudin, SKM, MKM dan dr. Riza Septiani, MPubHlthAdv. Tim pertama difasilitasi oleh Wardiati, SKM, M.Kes dan Annisa Febrina Siregar, SKM, MKM. Selanjutnya tim kedua difasilitasi oleh Putri Ariscasari, SKM, M.KKK dan Tiara Mairani, SKM, MKM. Selain itu kegiatan PKM ini juga melibatkan 16 orang mahasiswa FKM UNMUHA yang terdiri dari berbagai peminatan.

Tim pertama mengangkat tema tentang ultra processed food, tujuan penyampaian materi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak remaja tentang bahaya konsumsi ultra processed food serta dampak yang mungkin timbul, serta tips-tips untuk mengurangi konsumsi ultra processed food salah satunya dengan membawa yang disiapkan dari rumah yang sudah terjamin higienitasnya dan mengandung gizi seimbang.

Selanjutnya tim kedua mengangkat topik tentang body image. Pembahasan topik ini berdasarkan isu kesehatan mental yang saat ini menjadi isu global yang dewasa ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi juga anak remaja yang menjadi kelompok rentan.

Dalam penyampaiannya, tim 2 menegaskan pentingnya perspektif positif body image agar setiap orang merasa percaya diri tentang kondisi fisik dan menginterpretasikan diri dengan cara yang tepat karena ketika seseorang memiliki citra diri yang positif maka akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap kondisi mental seseorang.

Tentunya tim FKM dan MKM UNMUHA mendapatkan respon dan sambutan yang sangat baik dari pihak sekolah, peserta mengikuti kegiatan dengan antusiasme yang tinggi dan aktif. Kegiatan ini juga dibarengi dengan diskusi dan pemberian doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari tim dengan benar. (Humas)