Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) dan Turin Polytechnic University in Tashkent, Uzbekistan, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) pada hari Senin, 13 Maret 2023, di kampus Polytechnic Turin University. MOU tersebut ditandatangani oleh Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, dan Rektor Turin Polytechnic University in Tashkent, DSc. Jamshid Inoyatkhodjaev.

MOU ini berisi tentang rencana pertukaran mahasiswa, dosen, karyawan, dan assistant professor antara kedua universitas. Hal ini diharapkan dapat memperluas jangkauan kerjasama antar kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kedua belah pihak.

Penandatanganan MOU tersebut menjadi momen bersejarah bagi Unmuha karena merupakan langkah penting dalam memperkuat kemitraan antar universitas, terutama dalam memajukan dunia pendidikan dan penelitian di tingkat internasional. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Unmuha, Dr. Ir. H. M. Zardan Araby, MBA, MT, IPU, menjadi fasilitator dalam penandatangan.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). MOA tersebut berisi tentang kerjasama antara keenam universitas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama antar universitas Muhammadiyah tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan dan penelitian di Indonesia serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang akademik. (humas)