Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan acara Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Unmuha pada Jumat, 9 April 2023. Acara ini dihadiri oleh pimpinan, dosen, karyawan, dan pengurus Ormawa beserta keluarga. Selain itu, turut diundang juga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh beserta Ortom tingkat wilayah, Kapolsek, Keuchik, dan undangan lainnya.

Acara ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan penghargaan kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal internasional scopus atau sinta 1-3 serta pemenang hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, MA kepada para dosen yang berhasil.

Selain itu, dalam rangka berbagi kebahagiaan, Unmuha juga menyantuni anak-anak yatim Gampong Batoh. Penyaluran santunan dilakukan secara kolektif kepada Keuchik Gampong Batoh yang selanjutnya akan disalurkan kepada anak-anak yatim.

Kegiatan ini diberi tema Dengan iftar ramadan mari kita tingkatkan ketaqwaan, jalin silaturrahim dan pedusi sesama.

Dalam sambutannya, Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, MA menyampaikan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini, terutama kepada penasehat, ketua PWM, dan jajarannya. Ia juga menyampaikan bahwa tradisi Buka Puasa Bersama ini baru kali ini dilaksanakan kembali setelah 2 tahun terakhir tidak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19.

Rektor Unmuha juga menjelaskan bahwa pemberian insentif kepada dosen yang berhasil mempublikasikan karyanya bertujuan untuk menggairahkan dosen dalam melakukan penelitian dan publikasi yang pada akhirnya akan berdampak pada kebutuhan administrasi kenaikan pangkat jabatan fungsional.

Acara ini juga diisi dengan tausiyah oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh A. Malik Musa, SH, M. Hum dengan judul kekuatan silaturrahim.

Diharapkan acara ini dapat mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar Unmuha dan para tamu undangan serta memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim.