UNMUHA memiliki lambang berupa matahari bersinar, kata “Muhammadiyah” dan di bawahnya bertuliskan dua kalimat syahadat dalam huruf Arab, lukisan padi dan kapas, tulisan Universitas Muhammadiyah Aceh, dan lingkaran dengan lima lekuk kubah.

Lambang UNMUHA memiliki makna:

  1. Matahari menggambarkan benda angkasa luar ciptaan Allah, sinarnya sangat berguna bagi kehidupan semua makhluk-Nya. Persyarikatan Muhammadiyah menggambarkan gerak dan manfaatnya bagaikan matahari dengan sinarnya yang selalu memberikan manfaat bagi hidup dan kehidupan manusia.
  2. Perkataan “Muhammadiyah”    dalam    tulisan    Arab    adalah    nama persyarikatan.
  3. Dua kalimat  syahadat   dalam   tulisan   Arab   bermakna   bahwa persyarikatan berusaha memancarkan cahaya ketauhidan yang meyakini bahwa  tiada Tuhan  selain Allah  dan sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
  4. Lukisan padi dan  kapas  terdiri  dari  19  dan  12  tangkai,  gabungan keduanya menunjukkan tahun berdirinya Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia, yang juga berarti lambang kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Lambang ini juga berarti UNMUHA mendidik tenaga ahli di bidangnya yang berguna bagi kesejahteraan umat, bangsa, dan negara.
  5. Tulisan Universitas  Muhammadiyah   Aceh   adalah   memberikan   arti perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di Aceh.
  6. Lingkaran segi lima dengan lima lekuk kubah merupakan simbol dari lima rukun Islam.