Banda Aceh – Sebanyak 1.417 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Aceh, mengikuti program Silaturrahim Keakraban Mahasiswa Baru (SIKMABA) di Aula UCC Ahmad Dahlan, Komplek Unmuha Aceh, Gampong Batoh, Banda Aceh. Sikmaba tahun akademik 2018/2019 itu dibuka oleh Rektor Unmuha, Dr. Muharrir Asyi’ari Lc Mag, Kamis (30/8).

Ketua panitia, Ir Zardan Araby MT, mengatakan Sikmaba tahun ini diikuti mahasiswa dari enak fakultas di lingkungan Unmuha Aceh, baik mahasiswa yang lulus melalui testing masuk maupun non-testing, seperti mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain.

Dikatakan. Sikmaba berlangsung selama empat hari. Dua hari Sikmaba bersama universitas yang diikuti seluruh mahasiswa, dan dua hari di gelar di fakultas masing-masing. Peserta Sikmaba tersebar di enam fakultas yaitu Hukum sebanyak 239 orang, Fakultas Ekonomi (436), Fakultas Teknik (256), Fakultas Agama Islam (37), Fakultas Kesehatan Masyarakat (199) dan Fakultas Psikologi 75 peserta.

Selain mahasiswa yang lulus testing, lanjut Zardan Araby, Sikmaba tahun ini juga diikuti 174 mahasiswa non testing seperti mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain dan mahasiswa lanjutan dari Diploma III ke jenjang strata 1. Kegiatannya dibagi dua gelombang, gelombang pertama sebanyak 834 peserta dan sisanya sebanyak 583 peserta untuk gelombang kedua. “Para mahasiswa diminta untuk mengikuti program Sikmaba ini secara serius hingga selesai,” ujar Zardan Araby yang juga Wakil Rektor III Unmuha Aceh itu.

Rektor Unmuha, Dr Muharrir Asy’ari, Lc Mag dalam arahannya, mengatakan, program Sikmaba ini sebagai ajang perkenalan antarmahasiswa, sekaligus untuk mengenal dosen semua fakultas, mengetahui fasilitas perkuliahan, fasilitas kampus dan mengenal semua personel staf pendukung di lingkungan Unmuha. Sikmaba Unmuha tahun akademik 2018/2019 mengusung tema “Menetapkan Karakter Mahasiswa Baru Sebagai Generasi Moralitas dan Intelektualitas yang Berkemajuan”.

Hadir sebagai pemateri dari unsur Polda Aceh, Kodam Iskandar Muda, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, DPP Ikatan Keluarga Anti Narkoba (IKAN) Aceh, PW Muhammadiyah Aceh, Keluarga Alumni Unmuha dan pemateri dari kampus Unmuha Aceh. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penandatanganan kesepatakan bersama (MoU) antara Unmuha Aceh dengan DPP Ikan Aceh.

 

Tags: , , ,