BANDA ACEH – Sebanyak 1.634 calon mahasiswa dari berbagai daerah di Aceh mengikuti ujian saringan masuk calon mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, Sabtu (18/8) di Kampus Unmuha, kawasan Batoh, Banda Aceh. Lulusan seleksi ini diterima pada 13 program studi (prodi) yang tersebar pada tujuh fakultas/akademi di lingkungan Unmuha Aceh tahun akademik 2018/2019.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Unmuha, DR Aliamin Msi Ak, Sabtu (18/8) mengatakan, ujian gelombang pertama itu, diikuti oleh para calon mahasiswa seluruh daerah kabupaten di Aceh. Dari 1.634 peserta tes, katanya, sebanyak 181 peserta lanjutan atau pindahan dari program studi akademi (diploma III) ke jenjang pendidikan sarjana (S1).

Aliamin mengatakan, dari tujuh fakultas yang ditawarkan Unmuha Aceh, peminat paling tinggi adalah fakultas ekonomi dengan peserta sebanyak 594 mahasiswa. Tahun akademik 2018/2019 ini, di fakultas ekonomi Unmuha membuka prodi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. “Dilihat dari jumlah pelamar, fakultas ekonomi yang paling diminati di Unmuha Aceh,” ujar Aliamian.

Selain fakultas ekonomi, katanya, fakultas teknik juga memiliki peminat yang banyak yakni 317 peserta diikuti fakultas kesehatan masyarakat sebanyak 292 peserta, fakultas hukum sebanyak 284 peserta, fakultas psikologi 90 peserta dan fakultas agama islam sebanyak 54 peserta. “Pengumuman kelulusan gelombang pertama ini akan diumumkan tanggal 20 Agustus 2018 mendatang, semetara pendaftaran gelombang kedua dibuka tanggal 18 hingga 31 Agustus 2018,” ujar Aliamin.

Selain ujian tulis Unmuha juga melaksanakan tes baca Al-Qur’an untuk calon mahasiswa baru, “bila calon mahasiswa baru tersebut lulus seleksi dan baca Al-Qur’annya tidak bagus nanti akan di bina oleh Lembaga Studi Islam dan Kemuhamamdiyahan (LSIK Unmuha)”, ujar aliamin. (humas)

 

Tags: , , , , ,