Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mendapatkan predikat sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik kategori universitas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di lingkungan lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDikti) wilayah XIII Aceh.

“Alhamdulillah Unmuha mendapatkan predikat terbaik melalui penilaian aspek kelembagaan dan sumber daya manusia 2020 versi Kemendikbud,” kata Rektor Unmuha Dr Aslam Nur, di Banda Aceh, Jumat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LLDikti wilayah XIII Prof Dr Faisal kepada Rektor Unmuha Dr Aslam Nur dalam rapat kerja pimpinan PTS se Aceh.

“Ini semua dapat dicapai atas kerja sama dan kerja keras para civitas akademika Unmuha,” ujar Aslam.

Aslam Nur mengatakan, predikat tersebut diraih setelah dilakukan penilaian terhadap kinerja kelembagaan yakni dari sisi akreditasi institusi dan program studi, penelitian dan publikasi, kualitas dan kualifikasi dosen, jabatan akademik pengajar, hingga kinerja kemahasiswaan.

“Saya bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada semua dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan stakeholder lain, instansi negeri dan swasta atas dukungannya selama ini. Semoga penghargaan  ini menjadi barkah untuk semua,” katanya.

Sementara itu, kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh Prof Dr Faisal berharap dengan adanya penghargaan ini PTS di Aceh terus meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam peningkatan akreditasi.

“Terus tingkatkan akreditasi mulai dari perguruan tinggi, program studi, peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat masing-masing kampus,” kata Prof Faisal.

Selain Unmuha, penghargaan tersebut juga diberikan kepada oleh STKIP Bina Bangsa Gatsampena Banda Aceh kategori sekolah tinggi, Politeknik Aceh sebagai PTS terbaik kategori Politeknik dan Akper Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh sebagai PTS terbaik kategori akademi.