Sebanyak 540 mahasiswa Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Banda Aceh, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Besar. Pembukaan coaching/pembekalan ini dilakukan oleh Rektor Unmuha Dr Muharrir Asy’ari Lc M.Ag dan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali di halaman Gedung Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan Kampus Unmuha, Rabu (11/1). Mereka akan melaksanakan KKN selama sebulan terhitung sejak 15 Januari-15 Februari 2018.

Para mahasiswa ini akan ditempatkan di 54 lokasi pada 3 kecamatan yang meliputi Kecamatan Blang Bintang, Krueng Barona Jaya dan Lhoknga.

Mufizar SH MH Ketua Bapel KKN dalam sambutannya menyampaikan mata kuliah KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di Unmuha. Menurutnya program ini mampu mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat, sehingga pendidikan yang selama ini diperoleh di bangku perkuliahan dapat diaplikasikan langsung di tengah masyarakat.

“Mahasiswa harus mampu membuat program yang mengangkat keunikan desa. Ajak pemuda, masyarakat, sehingga keberadaaan mahasiswa Unmuha dapat dirasakan langsung,” ujar Mufizar.

Sementara itu Rektor Unmuha Dr Muharrir Asy’ari berpesan agar para mahasiswa dapat melaksanakan KKN sebaik-baik mungkin dan menjaga nama baik Unmuha di tengah masyarakat. Terlebih lagi Unmuha yang memiliki motto Moralitas dan Intelektualitas, Muharrir juga berharap agar mahasiswa dapat menjunjung tinggi adat istiadat daerah setempat, bergaul di tengah masyarakat tanpa melanggar syariat Islam, serta menunjukkan kompetensi diri yang mumpuni.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Unmuha karena sudah memilih kabupaten Aceh Besar tempat KKN Angkatan I ini, Mawardi berharap agar mahasiswa turun ke desa ini bisa bermanfaat untuk masyarakat gampong, bisa mendampingi perangkat desa dalam mengelola dana desa, mensosialisasikan bahasa narkoba untuk remaja, memperbaiki sarana umum yang bermanfaat banyak bagi masyarakat. Semoga dengan KKN Unmuha ini bisa meninggalkan kesan yang baik kepada masyarakat” ujar Mawardi.

Acara coaching KKN ini berlangsung selama 2 hari 11 dan 12 Januari 2018, materi yang disampaikan oleh dosen-dosen mewakili semua fakultas yang ada di Unmuha. (Ma|Humas)

 

Tags: , , , ,