Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs HA Dahlan Rais MHum mengangkat dan mengambil sumpah Dr H Aslam Nur MA sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah  (Unmuha) Aceh, Masa Jabatan 2020-2024 di Gedung Unmuha Convention Center (UCC) KH Ahmad Dahlan, Kampus Unmuha Aceh, Gampong Batoh, Banda Aceh, Kamis (16/1/2020).

Dr Aslam Nur MA menggantikan Dr H Muharrir Asy’ari Lc MAg yang memasuki masa pensiun dan sudah memimpin kampus Unmuha selama tiga periode.

Ketua PP Muhammadiyah, Drs HA Dahlan Rais MHum mengatakan, pelantikan Rektor Unmuha, Dr Aslam Nur MA berdasarkan Surat Keputusan (SK) PP Muhammadiyah Nomor 179/KEP/I.0/D/2020 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Masa Jabatan 2020-2024. Posesi pelantikan itu juga diikuti dengan serahterima jabatan antara Rektor Unmuha sebelumnya Dr H Muharrir Asy’Ary Lc MAg kepada Dr Aslam Nur MA.

Dalam kata arahanya, Ketua PP Muhammadiyah, Drs HA Dahlan Rais MHum mengatakan, kepada Rektor Unmuha, Dr Aslam Nur MA yang baru dilantik untuk terus mengabdi guna memajukan Kampus Unmuha Aceh. Dahlan Rais menyarankan agar Unmuha Aceh membuka lebih banyak program pascasarjana guna meningkatkan lulusan magister di kampus Unmuha Aceh.

Dahlan Rais juga menyarankan, agar membangun ikon Unmuha Aceh, dengan membangun gedung pascasarjana yang lebih tinggi dari gedung lain, kalau bisa dibangun tujuh tingkat, sehingga berbeda dengan bangunan lainnya. Untuk itu, Unmuha ditekankan untuk menyelenggarakan program pascasarja dengan lebih banyak konsentrasinya.

“Saya minta kepada Rektor yang baru dilantik dan penyelenggara Kampus Unmuha Aceh untuk menambah program studi pascasarjana, terutama prodi yang dibutuhkan dalam pembangunan Aceh,” ujar Drs HA Dahlan Rais MHum.

Rektor Unmuha Aceh, Dr Aslam Nur MA mengatakan, akan menjalankan tugas sebagai rektor dengan semangat kebersamaan. Untuk itu, ia mengajak semua penyelenggara Unmuha, baik wakil rektor, para dekan, ketua jurusan, ketua prodi dan para dosen untuk saling bahu membahu membangun Unmuha Aceh menjadi perguruan tinggi favorit sejajar dengan Unsyiah, UIN Ar-Raniry dan perguruan tinggi lainnya di Aceh.

“Mari kita saling bekerjasama dan menghilangkankan sekat-sekat dalam membangun Unmuha Aceh menjadi lebih baik,” ujar Aslam Nur.

Proses penjaringan Rektor Unmuha Aceh sudah dimulai sejak pertengahan November 2019 lalu, dimana anggota senat Unmuha memilih bakal calon (bacalon) Rektor pada saat itu sebanyak 10 orang melalui rapat senat Unmuha.

Dari 10 nama bacalon tersebut, hanya empat orang yang menyatakan kesediaan menjadi calon Rektor, yakni Dr H Aliamin SE MSi Ak  CA (Wakil Rektor I), Dr Amin Haris MPd (Dosen FAI), Dr H Aslam Nur MA (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh) dan Prof Asnawi Abdullah PhD (Dekan FKM).

Dari ke empat nama tersebut dikirim ke Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Aceh untuk mendapatkan pertimbangan dan kemuhammadiyahan. Setelah mendapat pertimbangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, pada tanggal 4 Desember 2019, Senat Unmuha kembali melaksanakan rapat untuk memilih calon rektor sebanyak 3 orang dari 4 nama bakal calon.

Dari tiga yang dipilih itu masing-masing Dr Aliamin SE MSi Ak CA, Dr Aslam Nur MA dan Prof Asnawi Abdullah PhD.

“Ketiga nama tersebut dikirim ke PP Muhammadiyah untuk ditetapkan sebagai Rektor Unmuha. Pada Selasa 14 Januari 2020, didapat informasi PP Muhammadiyah telah menetapkan Dr H Aslam Nur MA sebagai Rektor Unmuha periode 2020-2024,” ujar bagian Humas Unmuha, Mimi Asri SE MM.

Selain sebagai dosen dan mengajar di kampus, Dr H Aslam Nur MA juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor I Unmuha periode 2012-2016 lalu.

Prosesi pelantikan Rektor Unmuha Aceh periode 2020-2024 dihadiri seluruh civitas akademika Unmuha, unsur Pemerintah Aceh, para rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh, dan unsur TNI/Polri.(*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com