Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menandatangani nota kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah (Unmuha) Aceh Dr. Hafnidar.

Prosesi yang berlangsung di ruang rapat pimpinan gedung rektorat setempat itu, turut disaksikan oleh oleh Rektor Unmuha Muharrir Asy’ari dan Dekan Fakultas Teknik Industri UMI Makassar Zakir Sabara, Senin (30/12/2019).

Adapun ruang lingkup kesepakatan antara kedua belah pihak antara lain mencakup penyelenggaraan kerja sama program profesi insinyur, riset, pratikum, dan laboratorium bersama. Kemudian penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, dan kerja sama, serta pengembangan kompetensi SDM.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan Pemko Banda Aceh menyambut baik rencana pembukaan sejumlah Prodi baru Unmuha terutama program profesi insyiur. “Pertama kami sangat mendukung karena pendidikan adalah satu dari tiga pilar pembangunan Banda Aceh saat ini.”

Menurutnya dengan bertambahnya pilihan Prodi Unmuha, akan ikut meneguhkan Banda Aceh sebagai Kota Pendidikan di Aceh, “sehingga akan semakin banyak orang yang datang melanjutkan pendidikan di sini dan pada akhirnya akan berdampak pada kebangkitan ekonomi,” katanya.

Selain itu, dengan hadirnya Prodi baru seperti kewirausahaan dan bisnis digital akan melahirkan ragam inovasi dan teknologi baru dalam mendukung pembangunan Banda Aceh. “Ini tentu juga sangat sejalan dengan pilot project program smart city Banda Aceh yang telah dicanangkan oleh pusat,” katanya lagi.

Wali kota menambahkan, jika ada mahasiswa yang juga pengusaha UMKM atau ekonomi kreatif, Pemko Banda Aceh lewat lembaga keuangan mikro Mahirah Muamalah Syariah (MMS) siap membantu permodalan. “Ini pertama di Indonesia, kita memberi akses permodalan bagi pengusaha kecil yang tak tersentuh oleh Perbankan,” ungkapnya.

Rektor Unmuha Muharrir Asy’ari merincikan sejumlah Prodi baru Unmuha yakni Perbankan Syariah, Bisnis Digital, dan Kewirausahaan. “Ke depan akan kita ajukan S2 Teknis Sipil, Program Profesi Insinyur, dan Teknik Kebencanaan.”

“Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan penuh dari Pak Wali. Kami juga siap menyukseskan program-program Pemko Banda Aceh dengan visi ‘Mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah’. Dan semoga kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak,” ungkapnya. (sumber: bandaacehkota.go.id)