International Conference On Science, Engineering & Technology  (i-SET) dan International Conference On Business Management & Social Sciences (i-BUSS) merupakan tema konferensi internasional pertama di Aceh. Kegiatan ini dipelopori oleh Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) bekerjasama dengan Kopertis Wilayah XIII Aceh, Universitas Malaysia Pahang (UMP), Universitas Iskandar Muda dan Universitas Serambi Mekkah. i-SET dan i-BUSS berfungsi sebagai media pertukaran ide, inovasi, kolaborasi dan kemitraan internasional untuk mengatasi masalah dan tantangan keteknikan, teknologi, bisnis manajemen dan sosial. Konferensi internasional ini diharapkan mampu menjadi forum untuk terjadinya interaksi dan dialog akademis antara peneliti, baik Indonesia maupun internasional, dan sarana untuk memperkenalkan Aceh sebagai daerah potensial berbagai penelitian teknik dan bisnis manajemen. Diperkirakan tiga ratus (300) orang  peserta dengan berbagai latar belakang akan mengikuti konferensi i-SET dan i-BUSS 2018 ini.

Konferensi internasional ini akan diselenggarakan selama dua hari, tanggal 2-3 Mei 2018 di Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan kampus Unmuha. Hari pertama Konferensi direncanakan menghadirkan dua pembicara kunci yang akan menyampaikan pidato inti pada sesi pembukaan. Kedua pembicara tersebut, yaitu Assoc. Prof. Dr. Mohd Rashid Bin Ab Hamid (Universiti Malaysia Pahang Malaysia) dengan judul Structural Equation Modelling: Introduction and its Applications dan Dr. K Sudhakar (Maulana Azad National Institute of Technology India)  dengan judul Prospects of Marine Macroalgae as Sustainable Bioresource. Sementara di hari kedua Prof. Dr. Ade Fatma Lubis (Universitas Sumatera Utara, Indonesia) yang berjudul The potential of Syaria Capital Market in Indonesia dan Dr. Mohammed Hayyan Alsibai (Damascus University, Syria) dengan judul Computer Vision in Intelligent Transportation System.

 Presentasi karya-karya ilmiah (oral presentation) dari peneliti yang mengirimkan abstraknya akan digelar pada hari pertama dan kedua. Konferensi ini direncakanan akan dibuka oleh Wakil Gubernur Aceh Bapak Ir. H. Nova Iriansyah, MT

“Konferensi ini merupakan momen penting bagi dosen dan masyarakat yang memiliki latar belakang sains, sosial dan manajemen untuk mengambil peran. Partisipant/peserta akan mendapatkan sertifikat internasional, seminar kit dan konsumsi. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, silahkan langsung mendaftar ke Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh atau menghubungi sekretariat i-SET dan i-BUS di nomor 081360000953 (Emmi Sruyani NST”, Ungkap Dr. Hafnidar selaku Koordinator i-SET dan i-BUSS.

i-SET dan i-BUSS 2018 bermitra dengan Automotive Engineering Centre (AEC), Lembaga Penelitian, Penerbitan, Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Unmuha (LP4M-Unmuha), Fakultas Teknik Unmuha. [humas]

 

Tags: , , , ,