BANDA ACEH –  Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, Dr H Muharrir Asy’ari  Lc MAg memimpin wisuda sebanyak 562 sarjana yang dipusatkan di Aula Unmuha Convention Center (UCC) KH Ahmad Dahlan, Komplek Unmuha Aceh, di Gampong Batoh, Banda Aceh, Sabtu (12/10/2019).

Rektor Unmuha Aceh, Dr H Muharrir Asy’ary Lc MAg mengatakan, Wisuda sarjana dan magister angkatan XXXVII tahun akademik 2018/2019 ini meliputi tujuh fakultas di lingkungan perguruan tinggi tersebut. Dari laporan para dekan dan direktur di lingkungan Unmuha Aceh, jumlah lulusanpada Semester Genap Tahun Akademik  2018/2019 sebanyak  562 orang. Mereka  berasal dari tujuh fakultas dan proram studi di lingkungan kampus Unmuha Aceh.

Rinciannya, wisudawan lulusan S-2 Magister Kesehatan Masyarakat sebanyak  37 orang, sedangkan lulusan sarjana S-1 meliputi  Fakultas Hukum sebanyak 98 orang, S-1 Fakultas Ekonomi (227 orang), S-1 Fakultas Teknik (80 orang), Lulusan S-1 Fakultas Kesehatan Masyarakat (83 orang), S-1 Fakultas Psikologi (19 orang), dan  S-1 Fakultas Agama Islam sebanyak 18 orang.

Program-program studi tersebut di atas, katanya,  langsung di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah XIII. Sedangkan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Aceh telah meluluskan S-1 sebanyak 18 orang. Untuk Fakultas Agama Islam dan sejumlah prodinya, kata Muharrir Asy’ari, pembinaannya langsung di bawah Kopertais Wilayah V Aceh.

Program-program studi tersebut, lanjutnya, sudah mendapatkan Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT).

Hingga kini, ujar Muharrir Asy’ari ada sejumlah pencapaian yang diraih Universitas Muhammadiyah Aceh.  Keberhasilan itu berkat karunia Allah SWT serta didukung kerja keras seluruh staf akademik dan administrasi, partisipasi seluruh mahasiswa dan keluarga besar Muhammadiyah serta simpatisannya.

Bantuan yang sangat besar, diantaranya bantuan dari Pemerintah Aceh, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah XIII, Kopertais Wilayah V Aceh, Dirjen 3 Kemenristek  Dikti dan Kementerian Agama (Kemenag) RI dan lembaga-lembaga lainnya.

Bantuan yang telah diterima, katanya, seperti bantuan biaya operasional, bantuan pengembangan staf akademik, beasiswa dan fasilitas-fasilitas lainnya yang mendukung kelancaran proses belajar mengajar di Unmuha Aceh.

“Saya selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh menyampaikan banyak terimakasih, semoga diberikan pahalanya yang setimpal oleh Allah SWT,” ujar Muharrir Asy’ari.

Ia juga berpesan kepada seluruh wisudawan, bahwa, sejak awal Agama Islam telah memperhatikan secara sungguh-sungguh tentang moral, ilmu, pengkaderan, dakwah dan perjuangan. Perhatian Islam tentang moral sebagaimana pesan Rasulullah SAW.  Rektor Unmuha Aceh itu berharap, wisudawan menjadi orang yang mampu berkarya dan berprestasi.

Seorang sarjana, setelah menyelesaikan studinya, sebut Muharrir Asy’ari, diharapkan dapat bekerja dan berkarya. Bekerja adalah kewajiban dan sekaligus ibadah dan sadaqah, bahkan dalam riwayat hadis yang lain menyebutkan bekerja itu adalah perjuangan di jalan Allah. Selain itu, harus wisudawan mampu bekerja membutuhkan ketekunan, kesungguhan, kedisiplinan dan profesional sehingga memudahkan rezeki.

“Bekerja tidak harus menjadi pegawai negeri sipil, tapi masih banyak lapangan pekerjaan lain yang bisa dilakukan,” pesan Rektor Unmuha Aceh, Muharrir Asy’ari.

Ia menyarankan, agar wisudawan memilih jalur lain seperti berwiraswasta, tidak perlu gengsi pilih-pilih pekerjaan, asal pekerjaan itu baik dan halal, maka,  tekuni pekerjaan itu dengan baik. Salah satu modal yang paling besar untuk meraih kesuksesan bekerja adalah mental skill dan sikap mandiri.

“Jadilah anda seorang yang rendah hati (muthawadi’), tidak sombong dan congkak bersikap sopan dan santun terhadap siapapun, karena sesungguhanya Allah SWT tidak mencintai orang yang congkak dan sombong,” pungkas Rektor Unmuha Aceh, Dr H Muharrir Asy’ari Lc MAg.(*)

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Unmuha Aceh Wisuda 562 Sarjana, Ini Fakultas dan Program Studinya, pada tanggal 12 Oktober 2019