Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) yang bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Abulyatama Aceh (Unaya) dan didukung oleh Tim IT Perpustakaan Unsyiah menggelar pelatihan otomasi dan pelayanan mandiri perpustakaan berbasis RFID yang berlansung di Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh, Batoh Banda Aceh, Rabu (14/2/2018).

Pelatihan ini digelar setelah sebelumnya menandatangani nota kesepahaman antara Perpustakaan Universitas Abulyatama Aceh dengan Universitas Muhammadiyah Aceh yang didukung oleh Universitas Syiah Kuala pada 13 Februari 2018 kemarin.

Kegiatan Pelatihan tersebut berlansung selama dua hari sejak tanggal 13 hingga 14 Februari 2018 yang berjalan dengan meriah dan sukses. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta pustakawan/i yang berasal dari Aceh dan luar Aceh yaitu pustakawan yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat.

Menurut koordinator penyelenggara sekaligus kepala perpustakaan Induk Universitas Abulyatama, Bapak T. Mulkan Safri, S.IP., M.IP, mengatakan dengan adanya pelatihan ini diharapkan pengelolaan perpustakaan yang semula dikelola secara manual akan berubah menjadi terotomasi, sehingga mempermudah pustakawan maupun petugas yang bekerja dalam mengelola perpustakaan.

“Kerja sama ini disepakati dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan di kalangan perguruan tinggi, baik perguran tinggi negeri maupun swasta, yang nantinya hal ini juga dapat mempermudah para pemustaka yang membutuhkan informasi yang disediakan oleh perpustakaan tersebut”. tambah T. Mulkan Safri.

Menurutnya, hal tersebut sejalan sebagaimana dijelaskan oleh Lia Fitria, S.Pd.I selaku Kepala Perpustakaan Induk Universitas Muhammadiyah dan juga koordinator penyelenggara, kerja sama ini bertujuan untuk menyinergikan dan kebersamaan untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Sementara Dr. Taufik A. Gani, S.Kom, M.Eng.Sc, dan tim IT Perpustakaan Unsyiah sebagai salah satu narasumber pada Pelatihan tersebut memaparkan mengenai pengenalan teknologi perpustakaan modern, SLIMS, dan Demonstrasi Encode RFID. Dan dihari kedua memaparkan materi Protokol SIP2 yang dilanjutkan dengan diskusi serta simulasi pelayanan RFID.

Selain itu, pada pelatihan ini turut hadir sebagai narasumber M. Jerry Permana, A.Md, Syukran, ST dan Saiful Bahri, ST, (liputanrakyat.com

 

Tags: , , , ,