Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) berhasil memperoleh akreditasi dengan nilai “B” dari Lembaga AKreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor: 01028/LAP.PS/VII.2020, Kamis (20/5/2021).

Sertifikat akreditasi bernomor 01028/LAP.PS/VII.2020, tanggal 29 Juli 2020, berlaku hingga 29 juli 2024 itu ditandatangani Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando.

Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) Lia Fitria, S.Pd.I menjelaskan “penilaian akreditasi pelayanan perpustakaan tersebut baru diikuti kali pertama tahun 2020 dengan aspek penilaian meliputi regulasi, fasilitas, aspek anggaran termasuk inovasi.”

“Aspek dasar penilaian dari Lembaga Akreditasi Nasional adalah dari sisi regulasi, sarana prasana, sumber daya manusia yang berkualitas, dan daya dukung pemangku kebijkan. Penilaian tinggi juga dilihat dari nilai inovasi dan jenis layanan yang dilakukan,” jelas Lia.

Dari sisi tata ruang baca, lanjut Lia, terus dibenahi agar suasana baca di Perpustakaan Unmuha bisa lebih menarik dan nyaman dikunjungi, termasuk layanan akses baca secara on line yang bisa diunduh masyarakat.

“Kami secara periodik merubah tata ruang baca agar pembaca selalu nyaman, sehingga perlu diberikan suasana-suasana baru. Alat peraga edukatif, sampai tata cahaya ruangan juga kami perhatikan,” tambah Lia Fitria.

Akreditasi tersebut diraih setelah sebelumnya pada tanggal 27 Juli 2020 divisitasi oleh asesor Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Suharyanto. Visitasi itu dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

“Saat ini daftar buku cetak perpustakaan UNMUHA menurut klasifikasi   memiliki 6.639 judul buku, setara dengan 22.419 Exemplar. Dan ini akan terus kita tingkatkan lagi dari sisi jumlah bukunya, kita juga membuka ruang bagi yang mau mendonasikan Buku-bukunya.” tutup Lia

artikel ini sudah pernah tayang pada https://suaramuhammadiyah.id/ tanggal 21 Mei 2021