Direktorat Riset, Teknologi, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIKTI RISTEK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) bekererja sama dengan Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) menyenggarakan Sosialisasi Sosialisasi Science And Technology Index (SINTA) bertempat di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh, Senin 3 Oktober 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta verifikator LPPM SINTA dari seluruh Perguruan Tinggi Swasata (PTS) yang ada di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh.

Selain peserta acara ini juga dihadiri oleh Direktur DRPM DIKTI RISTEK yang diwakili oleh Subkoordinator Publikasi Ilmiah Ibu Hardiana, Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh Dr. Rizal Munadi, MM, MT, Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Dr. Fadhlullah, SH, MS, Koordinator Wilayah SINTA Aceh Dr. Muslem Daud, M.Ed serta narasumber dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang Rusmal Firmansyah dan Ahmad Heryanto dari Universitas Sriwijaya.

Dalam sambutanya Rektor UNMUHA yang diwakili WR 1 Dr. Fadhullah, SH, MS menyampaikan terima kasih kepada DIKTI Ristek dalam hal ini DRPM yang telah mempercayai UNMUHA untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi SINTA tingkat Aceh ini. “Suatu hari pak rektor di telp oleh kepala LLDikti wilayah XIII menanyakan kesediaan menjadi penyelenggaraan kegiatan ini dan rektor langsung menjawab UNMUHA siap mensukseskan kegiatan ini” cerita Fadhullah.

WR 1 berharap peserta mengikuti serius kegiatan ini dan bila hal-hal yang tidak dipahami tentang Sinta bisa langsung berdiskusi dengan dua narasumber yang kompeten ini, harapnya.

Subkoordinator Publikasi Ilmiah Hardiana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada LLDikti Wilayah XIII Aceh dan UNMUHA yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga kegiatan ini sudah terlaksana dengan  baik dan keterlibatan peserta juga sangat antusias.

Sementara itu Kepala LLDIkti Wilayah XIII Aceh Dr. Rizal Munadi, MM, MT dalam sambutannya bersyukur DRPM DIKTI RISTEK menyelenggarakan kegiatan ini di Aceh yang berkolaborasi dengan UNMUHA, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Perguran Tinggi khususnya PTS dibawah naungan LLDikti Wilayah XIII Aceh.

“Sehingga setelah mengikuti kegiatan ini kami berharap persoalan yang berhubungan dengan SINTA ada solusinya di lingkungan PTS di Aceh, supaya pada saat klasterisasi tidak menjadi persoalan kedepannya” ujar Rizal Munadi.

Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini sering dilaksanakan oleh DIKTI Ristek di Aceh guna untuk meningkatkan kapasitas PTS baik dari segi Sumberdaya Manusia dan lain sebagainya, lanjut Rizal.