Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Dr. Aslam Nur, MA, menyampaikan apresiasi kepada perwakilan mahasiswa yang ikut dalam perlombaan National University Debating Championship (NUDC) yang berlangsung selama 3 hari, dari Sabtu hingga Senin, 27-29 April 2024.

Rektor Unmuha mengapresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil mencapai peringkat 6, meskipun belum berhasil menembus kancah nasional. Namun, Rektor tetap memberikan apresiasi kepada mereka yang telah mengharumkan nama Unmuha.

“Kami memberikan penghargaan kepada mahasiswa kami, Ikhsan dan Salsa, yang telah mengharumkan nama Unmuha melalui partisipasi mereka dalam perlombaan debat bahasa inggris. Meskipun belum berhasil masuk ke tingkat nasional, namun kami bangga karena meraih peringkat 6, sebuah prestasi yang tinggi mengingat peserta berasal dari Sumatera dan Kalimantan,” ucap Rektor.

Rektor juga berharap mahasiswa Unmuha terus mempersiapkan diri dalam berbagai bidang ilmu akademik dan pengetahuan umum, serta meningkatkan kompetensi untuk berpartisipasi dalam berbagai perlombaan, baik di tingkat wilayah maupun nasional.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing yang membantu mahasiswa selama perlombaan, dan memberikan penghargaan atas kontribusi mereka dalam mengharumkan nama Universitas,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Unmuha, Dr. Mirza Murni, SE, MM, menjelaskan bahwa proses perlombaan melibatkan 3 mahasiswa dari Unmuha, dengan 80 universitas peserta dari Sumatera dan Kalimantan.

“Dari Aceh sendiri, ada 20 Universitas di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 13, dan Unmuha berhasil masuk dan meraih peringkat 6 dalam NUDC tahun ini,” ucapnya

“Kedepannya, kita berharap peserta NUDC dapat mencapai 5 besar dan ikut dalam nasional yang mewakili LLDikti Wilayah 13 Aceh dan Unmuha dalam perlombaan debat bahasa Inggris,” tambahnya.

Mirza Murni juga menyampaikan rencana untuk mempersiapkan mahasiswa lebih awal dan mendatangkan para pakar serta ahli dalam bidang debat Bahasa Inggris, dengan harapan akan lahir mahasiswa yang memiliki daya saing dalam debat bahasa Inggris di tingkat nasional.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Prof. Asnawi Abdullah, PhD, Wakil Rektor 2, H. M Yamin, SE, M.Si, dan Wakil Rektor 3, Dr. Mirza Murni, SE, MM. Turut hadir juga Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Surya Fatma, SE, M.Si, dan Pendamping Mahasiswa, Lina Farsia, S.Pd.I., M.Tesol. (Humas)