BANDA ACEH – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), yang diwakili oleh Wakil Rektor 1, Prof. Asnawi Abdullah, PhD, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024 kepada 55 praktisi. Acara ini berlangsung secara Hybrid di Aula FKM pada Sabtu, 27 April 2024.

Koordinator Praktisi Mengajar, Nazariah, S.Pd., M.Pd, melaporkan bahwa jumlah praktisi yang tergabung dalam Program Praktisi Mengajar angkatan 4 Tahun 2024 adalah 55 orang.

“Adapun Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) terbagi menjadi Fakultas Agama Islam 35 RKK, Fakultas Ekonomi 8 RKK, Fakultas Teknik 2 RKK, Fakultas Psikologi 5 RKK, dan Fakultas Hukum 5 RKK,” ujar Nazariah.

Ketua Lembaga Pengembangan, Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Unmuha, Dr. Saiful M. Ag, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Unmuha merupakan perguruan tinggi yang terbanyak di Aceh yang menerima RKK. Dia juga menambahkan bahwa jumlah RKK yang diterima oleh Unmuha meningkat dari angkatan sebelumnya.

“Kami mengucapkan selamat kepada para praktisi yang telah lulus pada angkatan ini. Untuk lulus angkatan ini, memang terbilang cukup ketat, sehingga diperlukan beberapa langkah yang harus dilewati. Kami berharap Program Praktisi Mengajar ini dapat berjalan lancar hingga akhirnya,” kata Dr. Saiful.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unmuha, Prof. Asnawi Abdullah, PhD, menyampaikan ucapan selamat kepada praktisi lainnya dan juga kepada Fakultas Agama Islam yang memiliki jumlah RKK terbanyak. Dia berharap langkah ini dapat diikuti oleh fakultas lain di Unmuha.

“Melalui Program Praktisi Mengajar ini, kami berharap mahasiswa dapat memperoleh best practices dari pengalaman praktisi di lapangan. Kami juga berharap program ini dapat menjadi lebih relevan dengan dunia kerja bagi mahasiswa,” kata Prof. Asnawi.

Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kualitas lulusan serta memberikan pengalaman yang lebih dinamis dan kolaboratif untuk mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

“Kami berharap program ini dapat terus berlanjut di masa mendatang,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga sosialisasi pengisian logbook kepada para praktisi oleh tim LP3 Unmuha.

Turut hadir dalam pertemuan itu adalah Wakil Rektor 2 H. M. Yamin, SE., M. Si, Wakil Rektor 3 Dr. Mirza Murni, SE., MM, para Kepala Biro, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Kepala Program Studi di lingkungan Unmuha. (Humas)