Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) VI, International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT) II dan Pekan Kreativitas Mahasiswa Muhammadiyah (PKMM). SNTT VI dan  ICEAT-II adalah forum ilmiah untuk mempertemukan temuan dan hasil penelitian di bidang Teknologi. Dengan mengangkat tema “Sustainable Engineering Science and Technology for Natural Disaster Risk Management”, seminar ini akan mempertemukan para pakar/peneliti terkemuka, insinyur, pemerintah serta stackeholder lainnya dalam skala nasional dan internasional. Untuk PKMM sendiri diikuti oleh Mahasiswa bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Gelar Teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) bekerjasama dengan Forum Group Diskusi Teknologi – Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FGDT-PTM). SNTT dan ICEAT berfungsi sebagai media pertukaran ide, inovasi, kolaborasi dan kemitraan internasional untuk mengatasi masalah dan tantangan keteknikan dan teknologi. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi forum untuk terjadinya interaksi dan dialog akademis antara peneliti, baik Indonesia maupun internasional, dan sarana untuk memperkenalkan Aceh sebagai daerah potensial berbagai penelitian teknik. Diperkirakan tiga ratus (300) orang akan mengikuti kegiatan ini yang berasal dari dalam dan luar negeri, terutama dari Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah Seluruh Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik UNMUHA, Dr. Hafnidar A. Rani menyampaikan bahwa Forum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan FGDT-IX PTM yang akan diselenggarakan selama tiga hari, tanggal 8-10 Oktober 2018 di Hotel Hermes Palace Banda Aceh . Hari pertama akan dilaksanakan rapat Forum Dekan dan Program Studi Fakultas Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia untuk pemilihan kepengurusan periode 2019-2022mdan perubahan bentuk Forum Dekan menjadi Asosiasi Dekan Teknik dan Sains Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Sementara dihari kedua akan dilaksanakan konferensi yang menghadirkan tujuh pembicara kunci yang akan menyampaikan pidato inti. Ketujuh pembicara tersebut, yaitu Prof. Mohammad Nasir, Ph.D., (Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), Ir. Nova Iriansyah, MT (Plt. Gubernur Aceh), Budi Setiawan, ST (Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center /MDMC), Prof. Che Sobry Abdullah (Concrete and Brickwork Technology, Universiti Utara Malaysia), Asst. Prof. Yang Shih Hsien (Sustanaible Transportation Infrastructure Materials National Cheng Kung University, Taiwan), Asst. Prof. Teraphan Ornthammarath (Earthquake Engineering & Engineering Seismology, Mahidol University Thailand) dan Prof. Daizo Tsutsumi (Landslide Disaster, Mie University Japan).

Konferensi ini merupakan momen penting bagi masyarakat yang memiliki latar belakang teknik untuk mengambil peran. Partisipant/peserta akan mendapatkan sertifikat internasional, seminar kit dan konsumsi. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, silahkan langsung mendaftar ke Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh atau menghubungi sekretariat SNTT-V dan ICEAT-II di nomor 081360000953 (Emmi Sruyani NST), ungkap Tamalkhani, ST.,M.Eng.Sc selaku ketua pelaksana FGDT-IX PTM.

SNTT dan ICEAT 2018 bermitra dengan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Mataram, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.