Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) melalui Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) UNMUHA menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqam ke-5 untuk karyawan dan dosen UNMUHA dengan tema membentuk dosen dan karyawan yang profesional dan islami yang berlokasi di Aula BKKBN Provinsi Aceh pada tanggal 26-28 Agustus 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. H. Muharrir Asy’ari, Lc, M,Ag selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Dr. H. Aslam Nur, MA selaku Rektor UNNUHA, Drs. Nasrullah Jakfar, MA selaku Ketua BPH UNMUHA, Almanar, SH, MH Wakil Rektor 2, Dr. Ir. Zardan Araby, MT Wakil Rektor 3, Para Dekan dalam lingkungan Unmuha, Hermansyah Adnan, S.Ag, M. Sos selaku ketua LSIK UNMUHA yang dalam hal ini juga selaku Master of Training dan peserta Baitul Arqam UNMUHA.

Nuzulman, SE, M.Si selaku ketua panitia melaporkan “Alhamdulillah, peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 40 peserta dari berbagai unit kerja dan fakultas dalam lingkungan UNMUHA.” ujar Nuzulman.

Nuzulman juga berharap Baitul Arqam ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta. Bukan hanya ilmu dan pengalaman, tapi juga relasi yang luas karena dapat bertemu dengan karyawan dan dosen lainnya dalam suasa yang berbeda.

Rektor UNMUHA Dr. H. Aslam Nur, MA menyampaikan bahwa Baitul Arqam menjadi basis pengembangan karakter dosen UNMUHA khususnya Persyarikatan Muhammadiyah. ini merupakan hal penting agar dosen UNMUHA lebih mendalami dan menegenal Muhammadiyah dan tidak lagi salah pemahaman tentang Muhammadiyah. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan para dosen bisa mengintegrasikan ilmu yang dimiliki dengan nilai Islam.

“Dalam Persyarikatan Muhammadiyah, Baitul Arqam ini memayungi Dharma lainnya. Karena dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah terdapat tugas pokok dosen yaitu mengintergrasikan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam pembelajaran,” imbuhnya.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara ini mulai dari Wakil Rektor III dan LSIK Unmuha baik dari segi materi dan persiapannya.

Ketua BPH Drs. Nasrullah Jakfar, MA dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada Rektor yang sudah melaksanakan kegiatan ini yang mana untuk karyawa Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) kegiatan Baitul Arqam ini menjadi wajib.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh dalam arahanya menyampaikan bagaimana pentingnya mengikuti pengkaderan Baitul Arqam ini sehingga pekerja pada AUM mulai dari dosen dan karyawan paham tentang perjuangan Muhammadiyah, “syukur bisa menjadi bahagian berdakwah melalui persyarikatan Muhammadiyah” ujar ketua PMW Aceh.

Adapun pemateri Baitul arqam ke-5 ini disi oleh Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag  (Anggota Majelis Diktilitbang PP Muhamamdiyah), Dr. Muharrir Asy’ari, Lc, M.Ag (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh), Prof.Dr. Al-Yasa’ Abubakar, MA (Penasehat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh), Dr. H. Aslam Nur, MA (Rektor UNMUHA), Drs. Nasrullah Jakfar, MA (Ketua BPH UNMUHA), Dr. Ali Abubakar, MA (Ketua Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh), Hermansyah Adnan, S.Ag, M.Sos  (Ketua LSIK UNMUHA) dan tim instruktur lainnya. (humas)