MEUREUDU – Sebanyak 100 Mahasiswa Pascasarjana (S2) Master Kesehatan Masyarakat (MKM)  Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha)  Banda Aceh turun ke Pidie Jaya (Pijay).

Tujuannya mengikuti pengkajian dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia

(SDM)  berupa peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di daerah itu.

Selain menerima materi sosialisasi dari instasi pelayanan kesehatan seperti di RSU mereka juga terjun ke 12 Peskesmas tersebar di delapan kecamatan di Pijay dimulai 7 sampai 8 September 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pijay,  Drs  Abd Rahman Puteh SE MM kepada Serambinews.com,  Minggu (8/9/2019) mengatakan, kegiatan peningkatan SDM bagi mahasiswa strata dua (S2) asal Unmuha sangatlah memberikan dampak besar dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Pemerintah Pijay menyambut baik kegiatan ini karena dapat meningkatkan kapasitas pendidikan SDM khususnya SDM kesehatan yang saat ini dituntut kompetensi dalam bekerja baik di Puskesmas, rumah sakit maupun Dinas Kesehatan (Dinkes), “sebutnya.

Menurut Abd Rahman,  terubosan para mahasiswa pascasarjana ini  memberikan dampak besar pendidikan.

Diharapkan adanya peningkatan pengetahuan baik bagi mahasiswa maupun instansi terkait.

Terutama bagi pelayanan dalam bidang kesehatan dengan mengedepankan etika dalam setiap gerakan bekerja.

Karenanya,  Pemkab Pijay  terus mendorong dan sangat terbuka mendukung SDM yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Direktur Pascasarjana  Unmuha, Prof Asnawi Abdullah mengatakan, diera revolusi industri selain dituntut mengusai Ilmu Tehnologi (IT)  juga dituntut untuk bekerja profesional dalam menjalan tugas profesi.

“Kehadiran S2  MKM Unmuha menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan SDM yang siap menghadapi era revolusi  ini,”jelasnya. (*)

Artikel ini sudah pernah tayang di Serambi Online / aceh tribunnews Senin, 9 September 2019