Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, Senin (11/5/2020), menyerahkan santunan bagi anak yatim dan dhuafa di Gampong Batoh, Kecamatan Lungbata, Kota Banda Aceh. Proses penyerahan santunan itu dilakukan secara kolektif di kantor desa Batoh yang diserahkan oleh Rektor Unmuha diwakili Kepala Biro Adm. Umum Nuzulman, SE, M.Si dan diterima oleh Keuchik Batoh H. M. Dahlan, SH didampingi Sekdes Mansur.

Rektor Unmuha Aceh, Dr H Aslam Nur MA, mengatakan, sumber Zakat, Infaq dan Sadaqah itu terkumpul dari pemotongan gaji pimpinan, karyawan, dosen dan sumber lain yang sudah wajib zakat dari seluruh unit kerja di Unmuha Aceh.

Rektor mengatakan, target penyalurannya kepada anak-anak yatim dan fakir miskin Gampong Batoh, Kecamatan Luengbata sebanyak 100 orang, pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak covid melalui MCCC Aceh, senif Sabilillah yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah Banda Aceh dan Pesantren Baitul Arqam Sibreh Aceh Besar, Ibnu Sabil yaitu guru-guru TK Aisyah se-Aceh melalui PWA Aceh, selain itu juga ada pembagian takjil Ramadhan melalui Pema Unmuha.

“Semoga dengan adanya santunan ini dapat sedikit membantu saudara-saudara kita yang menerimanya, apalagi ini dengan kondisi dalam suasana Covid seperti ini” ujar Rektor

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya penyerahan santunan untuk tahun ini diserahkan kepada penanggung jawab masing-masing seperti keuchik, ketua MCCC, PWA, Pimpinan Panti dan Pimpinan Pesantren untuk diserahkan mengingat saat ini sedang pandemic covid-19 jadi harus mengikuti prosedur kesehatan dari pemerintah dengan tidak mengumpulkan orang melebihi 50 orang.

Biasanya penyaluran zakat dan santunan tersebut diserahkan pada saat buka puasa bersama keluarga besar Unmuha dikampus (ma|humas)