Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha)  dan Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) sepakat untuk melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memrondum of understanding) di laksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting Rabu (3/3/21).

Naskah MoU ditandatangani Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA dan Rektor Unmuh Jember Dr. Hanafi, M.Pd dengan disaksikan pimpinan dan civitas akademika kedua perguruan tinggi tersebut.

Pada kesempatan tersebut rektor Unmuha juga didamping oleh Wakil Rektor I Dr Fadhlullah SH MS, Wakil Rektor II Almanar SH MH, Wakil Rektor III Ir M  Zardan Araby MT, Ketua Badan Penjaminan Mutu Dr. Suyanta, MAg, dekan di lingkungan Unmuha dan kapala biro unit dan lembaga di lingkungan Unmuha.

Sementara itu dari Unmuh Jember hadir Wakil Rektor I Dr Emy Kholifah R MSi, Wakil Rektor II Drs Akhmad Suharto MP, Wakil Rektor III Syamsul Hadi SAP MP, para dekan dan kepala biro unit lembaga dilingkungan Unmuh Jember.

Dalam sambutannya, Rektor Unmuh Jember Dr. Hanafi, M.Pd, menjelaskan tentang profil singkat kampus Unmuh Jember. “Kampus Unmuh Jember ini memiliki 9 Fakultas dan 28 Program Studi dan saya yakin yang lainnya tersebut juga sama dengan Unmuha yang sama-sama dibawah persyarikatan Muhammadiyah,” kata Rektor Unmuh Jember sembari menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unmuha yang sudah mau bekejasama dengan kami.

Pada kesempatan itu, Rektor Unmuh Jember juga berkesempatan memperkenalkan seluruh pimpinan yang hadir. Pihaknya berharap, kunjungan virtual sekaligus penandatanganan nota kesefahaman antara Unmuh Jember dan Unmuha dapat menjadi titik awal kerjasama dan kolaborasi antara kedua perguruan tinggi Muhammadiyah ini.

Terlebih, konsep Kampus Merdeka, Merdeka Belajar memang menuntut perguruan tinggi untuk dapat berkolaborasi dan bekerjasama.

Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika Unmuh Jember yang telah bersedia menerima kunjungan kami walaupun dilakukan secara virtual sekaligus melakukan penandatangan nota kesepahaman.

Dikatakannya, selama ini walaupun belum ada MoU antara kedua belah pihak Unmuha sudah sering menghadirkan tenaga ahli baik bidang IT maupun penjaminan Mutu dari dosen Unmuh Jember. “pada tahun 2011 kami juga didampingi oleh dosen Unmuh Jember dalam pengajuan proposal PHK-I dan Alhamdulillah menang” ujar rektor Unmuha.

Sementara itu, ruang lingkup nota kesepahaman yang sepakati kedua belah pihak yakni terkait Pelaksanaan kegiatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Pengembangan sumber daya dosen, staf, mahasiswa, pertemuan ilmiah dan publikasi bersama.

Usai penandatangan MoU, acara dilanjutkan dengan penyerahan naskah MoU serta pemberian plakat dari kedua pimpinan perguruan tinggi serta di akhiri dengan sesi foto bersama yang dilakukan secara virtual. (ma|humas)