Musyawarah Wilayah (Muswil) Perkumpulan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Aceh telah berhasil diselenggarakan di Aula Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) pada tanggal 7 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengelola perpustakaan perguruan tinggi di Aceh, baik secara onsite maupun virtual zoom.

Dalam sambutannya, Bapak Rektor UNMUHA, Dr. Aslam Nur, MA, menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang telah memilih UNMUHA sebagai lokasi pelaksanaan Muswil ini. Beliau juga menekankan pentingnya perpustakaan sebagai nadinya perguruan tinggi, karena tanpa adanya perpustakaan, kampus tersebut akan dianggap abal-abal. Diera digital ini diharapkan mampu tampil sebagai penyedia bahan informasi terupdate sehingga memenuhi kebutuhan pemustakanya.

Sementara itu, Ketua Umum FPPTI, Ibu Maryah, S.Sos., M.Hum yang diwakili oleh Amirul Ulum, M. IP Sekretaris Jenderal FPPTI, mendukung penuh kegiatan ini sebagaimana yang telah disusun dalam AD-ART Organisasi. Dengan adanya FPPTI di Aceh, diharapkan dapat menaungi perpustakaan secara umum dalam peningkatan SDM dan kapasitas perpustakaan sehingga dapat melayani pemustaka serta diharapkan perpustakaan hadir menjawab kebutuhan tersebut.

Sekjen juga mengharapkan partisipasi peserta dalam hal muswil dan pemilihan ketua nantinya. Prosesi kegiatan muswil dan pemilihan ketua masa bakti 2023-2026 berjalan dengan lancar, dari pembahasan Tata tertib yang dipimpin oleh Ibu Charlis Siana Rosita dan dibantu oleh OC Nasrijal dan Anggota Nurul Rahmi.

Pada sesi pemilihan calon, para peserta memilih menunjuk calon untuk dipilih karena tidak ada pendaftar sampai batas waktu yang ditentukan panitia. Maka secara akalamasi ditunjuk saudara Nasrijal, SIP (Staf Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh) sebagai Ketua FPPTI Aceh periode 2023-22026.

Semoga kegiatan Muswil FPPTI Aceh ini dapat membawa manfaat bagi perkembangan perpustakaan perguruan tinggi di Aceh dan semakin memajukan dunia pendidikan di Indonesia.