Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) akan menerima 200 mahasiswa dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ketiga tahun 2023 yang berasal dari kampus di luar Pulau Sumatera. Namun sejak ditutup pendaftaran sebanyak 777 mahasiswa yang mendaftar dari 203 perguruan tinggi diluar pulau Sumatera.

Program ini dibuka untuk pendaftaran pada tanggal 29 Maret 2023 dan berlangsung hingga 2 Mei 2023, dengan pelaksanaannya disesuaikan dengan kalender akademik di perguruan tinggi masing-masing.

Dr. Aslam Nur. MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh, mengucapkan rasa syukur atas antusiasme mahasiswa yang berasal dari luar Pulau Sumatera untuk belajar di Unmuha dalam program PMM angkatan ketiga. Ia mengatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa Unmuha telah terkenal di seluruh nusantara.

“Alhamdulillah kita bersyukur atas banyaknya antusias mahasiswa diluar pulau jawa yang memilih Unmuha dalam program pertukatan mahasiswa merdeka (PMM) angkatan 3, ini buktinya Unmuha sudah sangat terkenal di seluruh nusantara,” kata Aslam Nur.

Rektor juga menyebutkan bahwa PMM angkatan kedua yang lalu telah cukup sukses dan mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PMM angkatan kedua yang telah membantu dalam mensosialisasikan program PMM angkatan ketiga kepada mahasiswa.

“Kami selaku pimpinan juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa alumni PMM 2 dan jaringan perguruan tinggi muhammadiyah yang ikut mensosialisasikan PMM 3 kepada mahasiswa,” ujarnya.

Ia berharap agar mahasiswa yang telah memilih Unmuha dapat mengikuti proses seleksi dengan lancar dan lolos, sehingga dapat mengikuti pembelajaran selama satu semester penuh di Unmuha dan program modus nusantara yang menarik di Aceh.