Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menerima kunjungan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh yang melaksanakan kegiatan ‘QRIS Goes To Campus 2023’ yang berlangsung di UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Selasa, 17 Oktober 2023.

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh, Dr. Aslam Nur, M.A dalam sambutnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BI Perwakilan Aceh yang sudah memilih Unmuha sebagai salah satu universitas swasta di Aceh sebagai tempat sosialisasi program QRIS yang menjadi salah satu program pembayaran nasional.

Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia perwakilan Aceh dalam hal pemberian beasiswa kepada 50 mahasiswa Unmuha tahun ajaran 2023/2024 yang bagian dari GenBI, dan ini merupakan salah satu yang amat kami syukuri.

“Kegiatan pada hari ini amat kami syukuri dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Aceh, kami berharap dengan adanya sosialisasi pada hari ini dapat memberikan pemahaman kepada para mahasiswa di Unmuha tentang sistem pembayaran digital QRIS, kami mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh,” kata Aslam Nur dalam sambutannya.

Rektor Unmuha juga mengajak kepada para Mahasiswa Unmuha untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dengan baik, Rektor berharap dengan ada kegiatan ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi para mahasiswa sekalian.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Prabu Dewanto, dalam sambutannya mengatakan di Aceh hingga bulan Agustus 2023 terdapat 434 Ribu pengguna QRIS di Aceh yang bertambah 153 Ribu di selama tahun 2023 atau dalam persen 68 persen dan transaksi 5 juta transaksi yang ditargetkan di tahun 2023 yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 2.3 juta transaksi.

“Ini memberikan gambaran bahwa penggunaan QRIS pada tahun ini sudah lebih tinggi dari tahun sebelumnya, sehingga kegiatan pada hari ini dapat memberikan semangat untuk masyarakat dapat menggunakan QRIS untuk melakukan pembayar dengan lebih mudah dan praktis,” ujar Prabu.

QRIS ini sudah hadir sejak 2019 dan kita akan mengembangkan program ini hingga lintas batas di Malaysia dan Thailand yang mana akan memudahkan pengunjung asal Indonesia dalam bertransaksi dua negara tersebut, dan kami juga akan mengembangkan QRIS Tuntas yang mana nantinya sudah bisa untuk tarik tunai hingga transfer dan transaksi lainnya.

“Segmen mahasiswa prioritas kami dalam kegiatan sosialisasi QRIS ini di Provinsi Aceh, karena di beberapa kota besar trend center adalah mahasiswa yang sudah beralih ke transaksi transformasi digital. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan di beberapa kampus lainnya di Aceh dan Unmuha ini menjadi kampus yang pertama di Banda Aceh yang kita kunjungi untuk mensosialisasikan program ini, ” ujarnya.

Ada beberapa kegiatan menarik lainnya dalam kegiatan pada hari ini yang pertama adalah edukasi kebanksentralan, kemudian edukasi CBP (Cinta,Bangga,Paham) Rupiah, edukasi QRIS, Sharing Beasiswa BI oleh GenBI, hiburan serta bazar UMKM dilingkungan kampus UNMUHA. Kegiata ini dihadiri sedikitnya 800 mahasiswa Unmuha. (Humas)