Lembaga Pembinaan, Pengembangan dan Pembelajaran (LP3 UNMUHA) melaksanakan Penyerahan SK serta Sosialisasi Pengisian Logbook Program Praktisi Mengajar Angkatan Ketiga yang berlangsung di Aula BC FKM Unmuha, Sabtu 07 Oktober 2023. SK diserahkan langsung oleh Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur,MA yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Unmuha, Dr. Fadhlullah, S.H,. M.S.

Koordinator Perguruan Tinggi Program Praktisi dalam sambutannya Sekitar 50 persen dari dosen yang mengajukan rencana Kelas Kolaboratif (RKK) dan Alhamdulillah yang dinyatakan lulus oleh Kemendikbud Ristek adalah sebanyak 60 RKK yang mana jumlah ini meningkat dari angkatan sebelumnya.

“Alhamdulillah, jumlah kelulusan meningkat dari sebelumnya yang hanya 7 RKK yang dinyatakan lulus, saya sebagai koordinator Perguruan Tinggi dalam Program ini sangat merasa bangga atas pencapaian yang sangat luar biasa ini.,” kata Nazariah.

Nazariah melanjutkan, Melalui Program Praktisi Mengajar, dosen bersama dengan para Praktisi dari berbagai industri sesuai dengan kompetensi maupun bidang keahlian yang relevan untuk selanjutnya berkolaborasi dalam suatu kelas mata kuliah selama satu semester.

“Dalam kelas kolaborasi tersebut dosen maupun mahasiswa dapat memperoleh berbagai best practices dari pengalaman para praktisi berpengalaman di bidangnya. Selain itu, Program Praktisi Mengajar memfasilitasi program studi maupun dosen untuk dapat melakukan review dan pembaharuan kurikulum yang telah berjalan sehingga bermanfaat untuk mengisi kesenjangan antara keterampilan dan kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.

Ketua LP3 Unmuha, Dr. Saiful, M.Ag mengatakan pencapaian ini sangat luar biasa, ini tidak terlepas dari adanya kerjasama antara koordinator dosen dengan dosen praktisi mengajar. LP3 terus meningkatkan program yang masuk kedalam MBKM, terutama dalam program yang sudah kita raih dan kalau bisa untuk meningkatkan.

“Kita berharap semoga melalui program Praktik Mengajar ini dapat membawa hasil yang baik bagi Unmuha dan pencapaian lulusan yang tepat waktu dan pencapaian nilai yang maksimal dari mahasiswa kita, kamu mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah tergabung dalam program Praktisi Mengajar ini, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Saiful.

Sementara itu, Wakil Rektor 1, Dr. Fadhlullah, S.H, M.S Pemerintah memberikan kampus Unmuha sebagai terbaik dan baik sekali, jadi kita merupakan universitas swasta yang memiliki peringkat terbaik di Aceh. Program yang kita laksanakan sekarang ini adalah Program dari menteri pendidikan dan ristek.

“Dengan ada kolaborasi ini insya allah kita berharap dapat berjalan dengan baik dan inilah harapan dari kami, kepada yang sudah terpilih dalam program ini dapat memberikan yang terbaik, karena ini program pemerintah, setelah selesai program ini selesai dilaksanakan dengan baik, buatlah laporan tepat pada waktunya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Fadhlullah.

Hadir dalam penyerahan SK dan juga sosialisasi pengisian logbook program Praktisi Mengajar Wakil Rektor 2 Almanar,. S.H., M.H., para Kepala Biro di lingkungan Unmuha, dan juga Para Dekan se- Fakultas dan 60 Dosen Program Praktik Mengajar. (Humas)