Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hermes Hotel Banda Aceh pada Senin, 20 November 2023. MoU tersebut mencakup pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Hadir dalam pertemuan tersebut, GM Hermes Hotel Banda Aceh Budi Syaiful dengan 7 jajarannya, sementara dari pihak Unmuha hadir Rektor Dr. Aslam Nur, MA, Wakil Rektor 1 Dr. Fadhlullah, SH, MS, Wakil Rektor 2 Almanar, SH, MH, Kepala Biro Umum Dr. Nuzulman, SE, M.Si, Kepala KUI dan Kerjasama Unmuha Dr. Febyolla Presilawati, SE, MM, Dekan Ekonomi Tarmizi Gadeng, SE, M.Si, dan Dekan Psikologi Barmawi, M.Si.

Dalam sambutannya, GM Hermes Hotel Banda Aceh, Budi Syaiful, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Rektor Unmuha dan menyatakan bahwa kerjasama ini penting dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kerjasama antara akademik dan industri perhotelan sangat penting untuk dilaksanakan guna untul dalam membangun simbiosis mutualisme yang mana saling berkaitan, menurut kami itu yang sangat penting, dan kami mendukung langkah kerjasama ini,” kata Budi Syaiful.

Budi juga menjelaskan bahwa hotel ini sebelumnya bernama Swiss Bell Hotel sejak tahun 2006, kemudian berganti nama menjadi Hermes Palace Hotel Banda Aceh setahun kemudian. Saat ini, Hermes Palace Hotel memiliki 142 karyawan, di antaranya 139 merupakan penduduk asli Aceh.

“Pada tahun 2017, hotel kami naik dari hotel bintang 4 menjadi bintang 5, yang mana dengan perolehan itu, kami menjadi hotel berbintang lima pertama dan sampai saat ini menjadi satu-satunya di Banda Aceh, kami rasa itu akan sulit terwujud jika tidak didukung dengan SDM yang unggul,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, MA, menyatakan kebanggaannya atas kerjasama dengan Hermes Hotel Banda Aceh sebagai hotel pertama berbintang lima di Banda Aceh. Menurutnya, kerjasama ini sudah menjadi sebuah keharusan untuk dilaksanakan.

“Meski sebelumnya sudah ada kerjasama, hari ini kita perbarui perjanjiannya. Kami berterima kasih kepada pihak Hermes Palace Hotel Banda Aceh atas kesempatan ini, kami berharap MoU ini dapat terlaksana dan di implementasikan kedepannya,” ujar Aslam Nur.

Rektor juga menyampaikan bahwa Unmuha kini memiliki 7 fakultas dan 20 Program Studi. Universitas ini memiliki akreditasi institusi yang baik dan sudah memiliki 2 guru besar, salah satunya adalah dosen perempuan pertama yang meraih guru besar Non-PNS pertama di Aceh.

Selain itu, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Psikologi untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Serta Implementasi Kerjasama dalam bidang Human Resource Development (HRD) antara Kepala KUI dan Kerjasama Unmuha dengan Asisten HRD Hermes Palace Hotel Banda Aceh dalam hal kegiatan magang salah seorang dosen Unmuha Winda Putri Diah Restya., S.Psi., M.A di sana dari 6 September hingga 30 November 2023. (HUMAS)