Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menggelar pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan Ketiga tahun 2023 “Melukis Jejak Budaya dan Persaudaraan di Bumi Tanah Rencong” di UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Kamis 11 Januari 2024.

Koordinator PMM Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Maidar SE. M.Si dalam laporannya menyampaikan selama program PMM langsung, para mahasiswa banyak sekali melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari bersosialisasi dengan lingkungan kampus, mengikuti perkuliahan hingga sebanyak 16 kali melakukan Modul Nusantara.

“Seluruh kegiatan PPM angkatan 3 ini  sudah resmi berakhir pada Sabtu, 13 Januari 2024. Dan mahasiswa kembali ke universitas masing-masing mulai dari 15 sampai 16 januari 2024. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak-pihak yang ikut terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini,” kata Koordinator PMM 3 Maidar.

Kepala LLDikti Wilayah XIII Aceh, Dr. Rizal Munadi, MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam program PMM Unmuha merupakan salah salah satu perguruan tinggi swasta di Aceh yang sukses melaksanakan program MBKM yang mana salah satunya adalah PMM Ini.

“Kami berfikir acara yang dilaksanakan pada hari ini hanyalah acara seremonial biasa saja, namun setelah kami melihat bahwa kegiatan hari ini sangat luar biasa  Kami mengharapkan Unmuha dapat membagikan kiat-kiat sukses ini kepada perguruan tinggi swasta lainnya yang ada di Aceh, karena kalau tidak adanya kompetisi untuk menjadi lebih baik sangat sulit rasanya kita untuk maju,” ucap Rizal Munadi.

Kami berharap di PMM yang akan datang akan ada lebih banyak lagi mahasiswa yang melihat Unmuha untuk belajar dan kedepannya kita berharap Unmuha dapat lebih banyak lagi menerima mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Sementara itu, Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur. MA menyampaikan terima kasih kepada Perguruan Tinggi pengirim yang sudah mempercayakan Unmuha untuk mahasiswanya menimba ilmu dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3.

“Ucapan terima kasih kami kepada mahasiswa, dosen, pamong di lingkungan Unmuha yang terlibat langsung dengan para mahasiswa yang datang ke Unmuha PMM Angkatan 3. Dan ucapan terima kasih kami kepada koordinator PMM Unmuha, Ibu Maidar sehingga acara ini sukses,” kata Rektor.

Rektor mengatakan bahwa pada semester depan, Unmuha kembali menerima sebanyak 85 mahasiswa pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 tahun 2024. Dan insya allah dalam waktu dekat ini kami akan memenuhi undangan dari Kemendikbud Ristek untuk melaksanakan penandatanganan kerjasama PMM angkatan 4 tahun 2024.

Acara perpisahan dan pelepasan Mahasiswa dalam Program PMM 3 ini turut dimeriahkan oleh pementasan kreativitas para mahasiswa PMM dari 20 daerah di Indonesia, mulai dari kesenian tari hingga persembahan pementasan drama yang mendapatkan apresiasi dari para tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor di lingkungan Unmuha, Kepala Biro, dosen dan tamu undangan dari LLDikti Wilayah XIII Aceh, Perwakilan Kepala Desa yang ada disekitar kampus Unmuha, Kepala Kepolisian Lueng Bata Banda Aceh dan tamu undangan lainnya. (Humas)