Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP) bidang pendidikian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan oleh Rektor Unmuha Dr H Aslam Nur MA dengan Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Drs Heru Pranoto M Si., bertempat di Gedung Rektorat, kampus Unmuha, Batoh, Banda Aceh. (11/11).

Dalam kata selamat datang dan sambutannya Rektor Unmuha Dr H Aslam Nur MA menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kepala BNNP Aceh dan pelaksanaan penandatanganan kerjasama antara Unmuha dengan BNNP Aceh dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kerjasama ini, mahasiswa Unmuha dapat melakukan penelitian dengan mengunakan data-data yang dimiliki oleh BNN. Demikian pula pihak di BNN juga dapat melaksanakan kuliah umum di Unmuha untuk memberikan pengetahuan terkait bahaya penyalahgunaan Narkotika kepada mahasiswa Unmuha.

Selain MoU dengan Unmuha BNNP Aceh juga menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Magister Kesehatan Masyarakat Unmuha yang ditandatangani oleh Dekan FKM dan Direktur MKM Unmuha Prof. Asnawi Abdullah PhD dengan Plt. Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Aceh Dedi Andria SKM MKes.

Rektor berharap kerjasama BNNP Aceh dengan Unmuha juga bisa dimanfaatkan oleh Fakultas-fakultas lain yang terkait untuk melaksanakan perjanjian kerjasama ini selain FKM yang sudah langsung melakukannya.

Menurut Kepala BNNP Aceh, kerjasama Unmuha dengan BNNP Aceh sangat strategis untuk mengedukasi masyarakat tentang bahasa narkoba apalagi di Aceh angka pengguna narkoba sangat tinggi, kerjasama ini diwujudkan melalui kegiatan penelitian-penelitian yang akan memperkuat ketahanan keluarga, ketahanan kota, ketahanan perbatasan, kampus bebas narkoba.

Ditambahkan oleh Kepala BNNP Aceh, setelah MoU ini dapat dilanjutkan dengan Penandatanganan Kerjasama (PKS) dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi antara BNNP Aceh dengan Fakultas-fakultas terkait yang ada di Unmuha.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh Ketua BPH Unmuha Drs H Nasrullah Jakfar MA, Warek I Unmuha Dr H Fadhullah SH MS, Warek II Unmuha H. Almanar SH MH , Warek III Unmuha Ir H Zardan Araby MT, Dekan-dekan dan Kepala Biro dalam lingkungan Unmuha. Sementara itu, Kepala BNNP Aceh didampingi oleh Kabid Rehabilitasi, Kabid Pencegahan, Kabag Umum, Kepala BNNK Kota Banda Aceh dan staf. (Ma|humas)