Banda Aceh – Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. Aslam Nur. MA, melihat langsung kegiatan mahasiswa yang sedang melakukan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021 di Gedung UNMUHA jln. Muhammadiyah. Batoh Ruangan Rapat Rektorat Lt. 1. Senin (28/6)

Rektor yang didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Umum Nuzulman, SE, MSi, dan Sekretaris Panitia HDMI 2021 , Habib Syukri, S.T. menyaksikan langsung mahasiswa yang sedang berkompetisi, dan sekali – kali menyapa Mahasiswa tersebut.

Suadi Fakultas Psikologi Peserta Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021, “mengangkat isu tentang Mahasiwa adalah Pelanggan atau konsumen pada Universitas. Isu yang sama juga dari masyarakat juga mengatakan mahasiswa dianggap sebagai profit bagi Universitas.”

Hal tersebut di bantah oleh Suadi  “hal ini pemikiran yang salah, dimana Dana kuliah yang kita beri akan dikelola kembali oleh pihak Universitas. dikembalikan dengan system pola pengajaran dengan dosen yang berkualitas serta banyak manfaat lainnya yang di berikan oleh pihak universitas kepada mahasiswanya.”

Debat kali ini Suadi satu tim dengan Roza Peserta Debat KDMI 2021 dan didampingi oleh Juri Perwakilan Msw Raudhatul Jannah.

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2021.

Universitas Muhammadiyah Aceh masuk dalam urutan ke 240 dari 369 Universitas yang mengikuti kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia .

Kegiatan KDMI ini dimaksudkan menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa bertalenta di bidang bahasa dan mempersiapkan lulusan yang mampu membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual. Kegiatan KDMI Tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring.

Kemampuan berpikir kritis dan mengemukakan pendapat adalah skill yang ingin ditingkatkan oleh DIKTI melalui ajang ini. Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang memiliki skill tersebut, diharapkan mereka dapat menjadi orang-orang yang mampu memecahkan permasalahan bangsa ini dari berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, dan sebagainya. Seleksi KBMI dilakukan secara bertahap, mulai dari tingkat universitas, wilayah, hingga nasional.

Informasi detail kompetisi dapat dilihat pada laman resmi Pusat PrestasiNasionalhttps://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. (humas-Ags).