Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit 07 Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) XVII untuk calon relawan baru UKM tersebut yang berlangsung di ruang Aula Rektorat Unmuha, Senin 26 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 3 Unmuha, Dr. Ir. Zardan Araby. MT dan turut dihadiri oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI Kota Banda Aceh, Teuku Rachmad Kurniawan.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 10 calon relawan UKM KSR PMI 07 Unmuha akan mengikuti Diklatsar di Mata Ie pada 26 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024.

Komandan UKM KSR PMI 07 Unit Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Rindu Trideka mengatakan, para calon relawan akan mengikuti Diklatsar sesuai kurikulum organisasi PMI.

“Kami berharap semua calon relawan yang mengikuti Diklatsar bisa fokus pada materi selama seminggu mendatang,” ucapnya

Kabid Kerjasama dan Kemitraan PMI Kota Banda Aceh, Teuku Rachmad Kurniawan mengatakan, tujuan dilaksanakan Diklatsar sesuai dengan pedoman organisasi PMI ialah untuk membentuk relawan PMI yang berkualitas sesuai dengan standar organisasi.

“Kami berharap, kesepuluh calon relawan yang mengikuti Diklatsar bisa mengikuti kegiatan hingga selesai sehingga punya bekal yang cukup saat terjun ke lapangan nanti ” ucap Rachmad dalam sambutannya.

“Hal terpenting dalam berorganisasi ialah keseriusan, ia berpesan agar para relawan selalu menjaga kekompakan dan silaturrahmi. Kami dari PMI Kota Banda Aceh akan selalu mendukung semua kegiatan dari relawan unit perguruan tinggi,” tutur Rachmad.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unmuha, Dr. Ir. Zardan Araby. MT dalam sambutannya mengatakan, menjadi relawan PMI mengharuskan seseorang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Karena itu, ia berharap para calon relawan bisa fokus mengikuti Diklatsar sehingga saat sah menjadi relawan nanti bisa menerapkan ilmu dengan baik.

“Relawan ini sangat penting saat ada musibah, karena itu relawan juga harus punya dasar ilmu dan pengetahuan. Mudah-mudahan adik-adik semua bisa menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya,” Kata Dr. Ir. Zardan Araby saat membuka kegiatan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan kebanggaannya atas KSR PMI Unit Unmuha karena menjadi salah satu organisasi yang aktif menyelenggarakan kegiatan di kampus tersebut. (Humas)