Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melakukan kerjasama dalam bidang implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khusunya Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Adapun penandatanganan MoU dengan beberapa mitra yaitu Notaris/PPAT Hj. Siti Rahmah, SH, M.Kn, Bank BPRS Baiturrahman, PT. Berjaya Abadi Kita, dan Advokat Nourman & Partner Banda Aceh di Ruang Aula Rektorat Unmuha pada Selasa, 27 Februari 2024.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor 1 Dr. Fadhlullah, SH, MS, Wakil Rektor 2 Almanar, SH, MH, dan Wakil Rektor 3 Dr. Ir. Zardan Araby, MT, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Dr. Febyolla Presilawati, SE, MM.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Biro Umum Dr. Nuzulman, SE, M.Si, Kepala Biro Keuangan Muhammad Yamin, SE, M.Si, Kepala Biro Kemahasiswaan Surya Fatma, SE, M.Si, dan Kabag Humas Mimiasri, SE, M.M serta para Dekan dan Direktur Pascasarjana di Lingkungan Unmuha.

Dalam sambutannya, Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur, MA, menyampaikan bahwa kerjasama antara kampus dengan lembaga praktisi sangat penting untuk dilaksanakan dalam program Kampus Merdeka. MoU yang ditandatangani hari ini akan diimplementasikan.

“Perpaduan antara praktisi yang bekerja di dunia nyata dengan kampus kami yang mengajarkan teori sangat penting. Selain menerima mahasiswa kami untuk magang, kedepannya para praktisi juga dapat mengajar di kampus kami dalam program praktisi mengajar,” kata Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa saat ini Universitas Muhammadiyah Aceh memiliki akreditasi institusi “Baik Sekali” dan berdasarkan informasi Badan Penjaminan Mutu merupakan universitas swasta satu-satunya di Aceh yang terakreditasi dengan predikat tersebut.

“Saat ini Unmuha memiliki 7 Fakultas dengan 20 Program Studi, dua di antaranya Pascasarjana yaitu Magister Kesehatan Masyarakat dan Magister Manajemen,” ucap Rektor.

Perwakilan Mitra, Siti Rahmah, SH, M.Kn, dalam sambutannya menyampaikan sebagai mitra yang berkomitmen mendukung pengembangan potensi mahasiswa, mereka senang ikut terlibat dalam kerjasama ini.

“Kami percaya kolaborasi antara dunia akademisi dan industri sangat penting untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja,” kata Siti Rahmah.

Melalui program ini, mereka berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam mendukung pertumbuhan serta pengembangan mahasiswa di Unmuha, dan optimis akan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

“Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan akademik dan bidang sosial masyarakat. Semoga kerjasama ini berjalan baik dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama Memorandum of Agreement (MoA) antara para mitra dengan Fakultas Ekonomi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Vokasi. (Humas)