Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (FE-Unmuha) menyelenggarakan Bazzar UMKM di acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Aisyiyah Aceh pada 20-22 Oktober 2023 di Asrama Haji Banda Aceh. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Aceh.

Bazar UMKM digelar dengan maksud untuk melatih mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam melakukan kegiatan kewirausahaan secara langsung, sehingga menumbuhkan minat para mahasiswa dalam dunia wirawusaha sehingga nantinya setelah menyelesaikan perkuliahan dengan lebih mandiri dengan membangun sebuah ekosistem bisnis.

Kegiatan ini mendapat pengawalan langsung dari Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi Unmuha, dan ada 10 mahasiswa program studi akuntansi, manajemen, kewirausahaan, bisnis digital dan agri bisnis yang mengikuti kegiatan ini. Adapun produk yang dijual diantaranya adalah sovenir, handcraft, jilbab, hingga makanan dan minuman.

Dekan Fakultas Ekonomi Unmuha yang diwakili oleh Wakil Dekan 3, Syamsidar, SE. M.Si,. AK. CA mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk lokal hasil garapan dari instri kreatif di Aceh untuk dapat di promosikan dengan harapan dapat meningkatan perekonomian para mahasiswa.

“Kita berharap para pelaku UMKM dapat lebih bersemangat lagi dapat meningktkan produktivitas serta produk-produk Aisyiyah agar dapat dikenal oleh masyarakat luas,” kata Syamsidar

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program mata kuliah kewiusahaan yang mana mahasiswa harus berfikir kreatif mengemas sebuah produk agar memiliki nilai jual, dan saat ini Fakultas Ekonomi Unmuha juga sudah memiliki Prodi Kewirausahaan. (Humas)