Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Modul Nusantara Pertukaran kepada 109 mahasiswa yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan ke-3 di Pulau Weh Sabang yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu, 4-5 November 2022.

Kegiatan Modul Nusantara ini diikuti oleh 4 kelompok. Adapun kelompok yang mengikuti Modul Nusanatar disana adalah Kelompok Teuku Nyak Arief, Iskandar Muda, Keumalahayati, dan Cut Nyak Dhien yang pada tujuannya adalah untuk mengenailkan kepada mahasiswa bagaimana kehidupan di Kota Sabang.

Selama di Kota Sabang, setiap kelompok diberikan dua kegiatan seperti kelompok Teuku Nyak Arief yaitu modul Kebhinekaan dengan mengunjungi Tugu Nol Kilometer Sabang dan beberapa tempat lainnya yang bersejarah, seperti asrama haji pertama di Indonesia yang berada di pulau Rubiah.

Kemudian Kelompok Sultan Iskandar Muda yaitu melihat bagaimana kehidupan masyarakat di Kota Sabang dengan memperlajari bagaimana industri wisata yang ada di Sabang dan materi tentang inspirasi dari Ibu Evy dan Penggiat industri pariwisata Sabang.

Sementara untuk kelompok Keumalahayati dan Cut Nyak Dhien, mereka juga terdapat dua kegiatan yaitu belajar dari Tugu Nol Kilometer yang merupakan dan belajar dari dari pembuatan kue Bak Pia khas Sabang yang sudah dikenal sebagai oleh-oleh wajib di Kota Sabang.

Ubtuk diketahui, Kegiatan Modul Nustantara ini merupakan rangkaian kegiatan mengenai kegiatan mengenal keberagaman Nusantara yang menjadi mata kuliah khusus dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang dibiayai penuh oleh Kemendikbud Ristek.

Kegiatan ini difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. (Humas)