Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) melaksanakan penyambutan peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound angkatan ke-4 tahun 2024 yang berlangsung di Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan, Sabtu 17 Februari 2024.

Penyambutan mahasiswa peserta PMM angkatan 4 Inbound Unmuha diiringi dengan tarian ranup Lampuan yang merupakan kebiasaan masyarakat Aceh dalam menyambut tamu dalam hal ini 83 mahasiswa yang berasal dari luar Pulau Sumatera.

Dan penyematan selempang oleh Rektor Unmuha kepada kepala suku dari Universitas Muhammadiyah Bandung dan Wakil Kepala Suku Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam program PMM angkatan ke-4 ini.

Wakil Rektor 1 Dr. Fadhlullah. SH. MS dalam laporannya melaporkan pada angkatan ke-4 ini, Unmuha menerima sebanyak 83 mahasiswa Inbound dari 54 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang berada di luar pulau Sumatera.

“Pelaksanaan PMM angkatan ke-4 ini dimulai sejak 12 Februari 2024 hingga 29 Juni 2024, selain mengikuti kegiatan perkuliahan selama 1 Semester, para mahasiswa juga akan mendapatkan kegiatan Modul Nusantara sebanyak 16 kali pertemuan yang terdiri dari kebinekaan, refleksi, inspirasi dan kontribusi sosial dan terbagi kedalam 3 kelompok,” Kata Fadhlullah dalam sambutannya.

Kelapa Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 13 Aceh, Dr. Ir. Rizal Munadi, MM. MT menyampaikan apresiasinya kepada Unmuha yang selalu ikut ambil bagian dalam program ini sejak angkatan 2 sampai sekarang. Saya rasa ini perlu menjadi catatan sejarah bagi Unmuha.

“Tidak banyak perguruan tinggi di Aceh yang seperti Unmuha, maka kami mengharapkan apa yang sudah dilakukan oleh Unmuha dapat menjadi semangat bagi perguruan tinggi yang lainnya,” ucapnya.

Rizal Munadi juga berpesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan belajar apa yang akan didapatkan dari kegiatan ini dan selama berada di Provinsi Aceh.

Sementara itu, dalam sambutan, Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur. MA menyempatkan berdialog menanyakan mengapa memilih Aceh dan Unmuha sebagai tempat untuk belajar dengan 5 perwakilan mahasiswa kemudian memperkenalkan jajaran pimpinan Unmuha.

“Kepada jajaran Unmuha mari kita menyambut para mahasiswa Inbound ini dengan sama seperti mahasiswa kita yang lain yaitu mendapatkan pelayanan yang baik, kami juga meminta kepada Mahasiswa PMM kami berharap dapat beradaptasi dengan lingkungan dan budaya di Unmuha. Dan semua ini akan terjawab pada 4 bulan kedepan saat kalian akan meninggalkan Unmuha dan kembali ke Perguruan Tinggi masing-masing,” ujar Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa PMM angkatan tahun ini berbeda dengan PMM yang sebelumnya, dimana pada tahun ini mahasiswa akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri di Aceh, yang mana di Aceh memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan hari besar keagamaan terutama saat Ramadhan dan Idul Fitri yang akan kalian rasakan kan nantinya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Rektor 54 kampus pengirim mahasiswa dalam program PMM Angkatan 4 yang ikut secara virtual. Turut hadiri juga Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh beserta jajaran.

Para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ka. Prodi di Lingkungan Unmuha, Perwakilan kepolisian dari Polsek Lueng Bata Polresta Banda Aceh, perwakilan Kepala Desa sekitar kampus Unmuha dan tamu undangan lainnya. (Humas)